Sukses


Garam Tak Cuma Buat Masak, Ini Manfaatnya untuk Rumah Anda

Selain bermanfaat menyedapkan masakan dan asupan gizi yang baik untuk tubuh, ternyata garam punya segudang manfaat rahasia lainnya lho

Liputan6.com, Jakarta Garam adalah salah satu bumbu dasar di Indonesia. Karena itu, hampir semua rumah memiliki persediaan garam di dapur. Selain untuk menambah cita rasa masakan, garam ternyata memiliki sejumlah manfaat lain.

Konsumsi garam yang cukup dapat memenuhi kebutuhan gizi dan mineral tubuh. Tapi tahukah Anda bahwa bubuk putih yang satu ini memiliki 12 fungsi lainnya. Penasaran? Simak artikel di bawah ini, dikutip dari Rumah.com

Menghilangkan bau di tangan Anda
Sesudah memasak, sisa bumbu yang menempel pada tangan akan meninggalkan bau apek yang tidak sedap. Bau ini bisa dengan mudah dihilangkan dengan menggosokan tangan ke campuran garam dan cuka.

  1. Mengawetkan keju

    Keju cenderung mudah kedaluwarsa meski sudah diletakkan di dalam kulkas. Cara praktis untuk sedikit memperpanjang umur keju adalah dengan membungkusnya ke dalam kain yang dibasahi air garam.

  2. Membersihkan wastafel

    Wastafel mudah kotor dan bau jika beberapa minggu tidak disikat. Coba lakukan pembersihan alami dengan menaburkan garam yang dicampurkan air panas ke seluruh permukaan untuk menghilangkan bau dan mencegah penumpukan minyak.

  3. Membersihkan panci berminyak

    Peralatan masak yang terbuat dari besi ternyata dapat dibersihkan dengan taburan garam dan tisu kertas (tisu makan).

  4. Membersihkan noda cangkir

    Campurkan garam dengan sabun pembersih cair untuk membuat scrub lembut yang menghilangkan noda bekas teh dan kopi yang tertinggal di mulut cangkir.

  5. Menghilangkan karat

    Punya peralatan logam dan besi yang mulai berkarat? Garam bisa menghapus karat dengan perlahan jika dicampurkan dengan krim atau mayones.

    Caranya dengan digosokkan ke noda karat tersebut, kemudian biarkan kering. Akhiri dengan menggosok lagi menggunakan kain lembut.

  6. Menghilangkan noda

    Jika Anda tidak sengaja menumpahkan segelas sirup atau air berwarna, hapus dan gosok segera dengan sejumput garam. Garam berfungsi menarik noda dari serat kain. Diamkan sekitar satu jam atau lebih, kemudian bilas dengan air dingin sebelum dicuci.

  7. Mencerahkan warna

    Jangan khawatir warna baju atau gorden kesayangan Anda memudar setelah dicuci. Dengan menambahkan segenggam garam pada air rendaman cucian, dijamin akan mencerahkan warna aslinya.

  8. Mengusir jamur

    Jika ada noda yang bisa menyebabkan jamur pada pakaian Anda, segera lembabkan garam dan air lemon pada bagian tersebut. Kemudian biarkan mereka meresap di bawah sinar matahari, metode ini juga bisa membuat kain memutih alami.

  9. Mengusir semut

    Jaga rumah Anda terhindar dari semut-semut nakal dengan menaburi area pintu masuk atau jendela dengan garam.

  10. Menjaga bunga tetap segar

    Sejumput garam yang ditambahkan ke dalam vas bunga Anda ternyata dapat menjaga bunga segar lebih lama.

  11. Meredakan luka gigitan nyamuk

    Setelah digigit nyamuk atau serangga lain yang membuat gatal dan panas, coba bilas kulit dengan air garam untuk meredakan luka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini