Sukses


Cara Mudah Memperbaiki Sofa Kulit yang Terkelupas

Pada sofa kulit, warna yang memudar ditambah serat-serat yang muncul karena gesekan menjadi permasalahan utamanya.

Liputan6.com, Jakarta Kulit, baik asli maupun sintetis, menjadi salah satu bahan pelapis sofa favorit. Hal ini tak lepas dari karakternya yang mewah serta sifatnya yang mudah dibersihkan.

Membersihkan sofa dengan pelapis dari bahan kulit memang relatif lebih mudah ketimbang bahan lain seperti kain. Noda yang muncul cukup dilap dengan air ataupun cairan pembersih khusus. Meski demikian, bukan berarti bahan kulit tak mempunyai masalah.

Warna yang memudar ditambah serat-serat yang muncul karena gesekan menjadi permasalahan utamanya. Bahkan tak jarang kulit pada sofa mengelupas hingga menimbulkan retakan.

Bila sudah begini, sebagian orang mungkin berpikir untuk menggantinya dengan yang baru. Tapi, tunggu dulu! Situs ehow.com rupanya punya solusi cerdas nan murah untuk memperbaiki kulit sofa yang rusak.

Periksa titik yang mengelupas

Sebelum memulai perbaikan, cari titik mana saja yang mengalami pengelupasan atau sudah retak. Untuk memudahkan proses penambalan, beri tanda dengan selotip kecil di setiap titik kerusakan.

Membersihkan sofa

Selanjutnya, bersihkan area di sekitar kerusakan dengan kain putih dengan serat yang halus yang sudah dibasahi dengan air. Anda juga bisa menggunakan tisu basah beralkohol atau larutan khusus pembersih sofa kulit.

Dilansir dari Rumah.com, bila sofa kulit Anda mulai ditumbuhi jamur, semprotkan bahan pembersih jamur alami yakni campuran antara cuka dan air. Namun Anda hanya perlu menyemprot sedikit saja dan lap secara perlahan, agar cairan tidak terserap oleh bahan kulit tersebut.

Tujuan bersih-bersih ini adalah untuk memastikan warna asli dari sofa kulit, sehingga Anda dapat menyesuaikan warna yang cocok saat reparasi. Setelah dibersihkan, biarkan sofa beberapa menit agar benar-benar kering.

Bahan yang dibutuhkan

  • Cat khusus kulit dengan warna sesuai sofa
  • Setrika
  • Kertas atau paper bag polos

Sumber: ebay.co.uk

Cara memperbaikinya

Langkah pertama
Siapkan setrika dan atur suhu panas yang cukup

Langkah kedua
Oleskan sedikit cat kulit pada bagian yang mengelupas atau retak dengan spatula kecil. Ratakan agar tipis dan menyeluruh sehingga warna menyatu dengan baik. Usahakan warna benar-benar melebur sesuai warna asli sofa kulit Anda.

Langkah ketiga
Letakkan kertas atau paper bag warna coklat yang mudah didapat dari toko bakery atau kedai kopi.

Langkah keempat
Tempatkan setrika yang sudah panas di atas kertas tersebut. Ingat, ukuran kertas harus lebih besar dibanding lapisan bawah setrika.

Langkah kelima
Tekan setrika secara perlahan agar cat kulit yang telah dioles pada sofa menyerap dengan baik. Ulangi hal yang sama pada titik lain yang bermasalah. Dan, lihat! Retak dan pengelupasan yang selama ini mengganggu hilang seketika.

Peringatan!

Jangan langsung meletakkan setrika pada kulit sofa tanpa alas. Untuk mencegah kerusakan serius gunakan kertas sebagai alasnya.

Tips

Teknik perbaikan yang sama juga dapat diterapkan untuk memperbaiki keretakan dan bekas tusukan pada sofa berbahan kulit imitasi dan campuran.

Foto: doityourself.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.