Sukses


Ide Lawas Membersihkan Rumah dari Nenek

Meskipun perlengkapan membersihkan yang digunakan sederhana, namun biasanya rumah nenek selalu terlihat rapi.

Liputan6.com, Jakarta Ingat bagaimana rupa rumah nenek Anda ketika sedang berkunjung di hari raya atau liburan panjang? Meskipun perlengkapan membersihkan rumah yang digunakan terkesan sederhana dan kuno, entah bagaimana biasanya rumah nenek-nenek selalu terlihat bersih dan rapi.

Dikutip dari Rumah.com, simak trik lawas yang masih bisa Anda gunakan untuk membuat rumah selalu bersih:

Lakukan Sekarang, Jangan Ditunda

Biasanya orang tua selalu terlihat sedang melakukan pekerjaan membersihkan. Lebih mudah untuk melakukan pekerjaan ini secara berkelanjutan daripada harus menunggu satu waktu khusus untuk membersihkan rumah.

Jadikan bersih-bersih menjadi aktivitas harian, seperti merapikan tempat tidur, mencuci piring setelah makan, dan menyapu lantai rumah setiap hari.

Selalu Sediakan Lap di Dapur

Sediakan beberapa lap atau handuk berbahan khusus di dapur. Dengan begini Anda akan selalu siap untuk membersihkan kompor, mengelap gelas, atau mengeringkan cucian piring. Gunakan lap bermotif vintage untuk menghidupkan suasana dapur.

Bikin Sendiri Pembersih Kaca

Mungkin nenek Anda tidak memiliki cairan penyemprot kaca yang dijual di toko-toko, dan sepertinya dia juga tidak membutuhkannya. Untuk membersihakn kaca, campur bahan-bahan: air, cuka putih (white vinegar), alkohol, dan essential oil wangi peppermint.

Campurkan di dalam botol dan semprotkan ke seluruh permukaan kaca dan jendela. Keringkan dengan lap.

Bersihkan Lebih Teliti

Biasanya seorang nenek memiliki jadwal khusus dalam waktu satu tahun untuk membersihkan perabotan rumah tangga secara lebih teliti. Setidaknya satu tahun sekali bersihkan jendela dan karpet. Balik dan hisap debu kasur atau singkirkan baju yang sudah tidak dipakai.

Gunakan Bahan Pembersih yang Sederhana

Anda tidak memerlukan berbagai macam peralatan pembersih di rumah Anda. Boraks adalah pembersih yang sering digunakan sejak lama. Gunakan untuk membersihkan lantai, porselen, bak cuci piring atau untuk mengelap lemari dapur. Namun hati-hati penggunaannya agar tidak terkena makanan.

Segarkan Udara di Rumah dengan Cara Natural

Gunakan ekstrak vanila untuk menyegarkan udara di rumah. Aroma seperti ini jauh lebih baik dibandingkan pewangi berbahan kimia.

Tuang ekstrak vanila ke kapas kemudian letakkan di pot tanaman atau lap kapas tersebut ke bohlam (dalam kondisi lampu mati). Ketika lampu dinyalakan, aroma vanila akan menyebar seiring bertambah panasnya bohlam tersebut. Untuk menghilangkan bau masakan, didihkan beberapa tetes buah lemon atau jeruk nipis di panci.

Gunakan Cuka untuk Bersihkan Shower

Hilangkan noda yang menempel di pancuran (shower) dengan menuangkan cuka ke dalamnya. Cara yang lebih praktis tuang cuka ke dalam plastik dan ikat plastik tersebut sehingga pancuran akan terendam cuka. Diamkan beberapa saat, kemudian gosok untuk menghilangkan noda dengan sikat gigi. Cuka juga dapat menghilangkan noda di tirai pancuran.

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini