Sukses


Bagaimana Caranya Agar Anak Betah di Rumah?

Terkadang Anda juga ingin menikmati waktu istirahat dengan bersantai di rumah—sekaligus untuk menghemat uang.

Liputan6.com, Jakarta Umumnya, saat weekend Anda selalu menghabiskan waktu di luar rumah. Pasalnya, begitu tahu Anda libur, si kecil pasti merengek diajak jalan-jalan.

Akan tetapi, terkadang Anda juga ingin menikmati waktu istirahat dengan bersantai di rumah—sekaligus untuk menghemat uang. Jika Anda menghadapi hal ini, lakukan trik yang dikutip dari Rumah.com ini agar si kecil betah di rumah.

Percantik halaman belakang
Anak-anak selalu menyukai permainan yang dilakukan di luar rumah, karena memungkinkan mereka untuk berlarian. Untuk itu, percantik halaman belakang rumah Anda, minimal ditanami rumput. Halaman yang lapang akan membuatnya merasa memiliki ruang bermain pribadi. Temani anak selama bermain di halaman.

Lakukan pekerjaan rumah tangga bersama
Libatkan si kecil saat Anda menjalankan kegiatan rumah tangga, seperti memasak, membereskan kamar, atau mencuci mobil. Namun jangan memintanya dengan nada menyuruh, ucapkan “tolong” setiap Anda meminta bantuannya.

Bermain lompat tali
Jika tetangga Anda kebanyakan memiliki anak yang seumuran dengan anak Anda, ajaklah mereka bermain lompat tali di halaman rumah Anda. Sediakan camilan atau minuman segar untuk mereka. Semakin ramai akan semakin seru.

Renovasi kamar
Ubah dekorasi kamar si kecil setiap minggu. Misalnya, jika minggu ini dindingnya ditempel stiker glow in the dark, minggu depan tambahkan hiasan dinding berupa lukisan hasil karyanya sendiri. Jika Anda merasa sudah waktunya cat dinding kamarnya diganti, tanyakan warna apa yang diinginkannya. Setiap perubahan ini akan merangsang kreativitasnya sekaligus membuatnya tak sadar menanti perubahan berikutnya.

Kemah di dalam rumah
Anak-anak selalu menyukai berkemah. Agar dia tidak bosan dengan kamarnya, sesekali ajaklah dia camping di halaman rumah. Dirikan tenda di halaman dan tidur bersama di dalamnya. Jika halaman Anda sempit, tak ada salahnya mendirikan tenda di dalam rumah.

Buat jajanan di rumah
Mal selalu menjadi lokasi favorit anak untuk berjalan-jalan, karena banyaknya kedai makanan enak yang menggugah selera. Daripada anak Anda selalu makan di luar, cobalah bereksperimen mencoba berbagai resep jajanan enak yang sehat. Agar mereka bersemangat, katakan Anda tengah membuat makanan kesukaannya dan tanyakan apakah dia mau membantu.

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini