Sukses


Tips Cerdas Menata Kamar Tidur Sempit

Dengan fungsi kamar yang beraneka ragam, Anda tentu kesulitan mendekorasi kamar tidur yang ukurannya kecil.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda memiliki kamar tidur yang berukuran kecil hingga kesulitan menata interiornya? Padahal, ada orang yang bisa memanfaatkan kamar tidur sebagai tempat bekerja, bahkan perpustakaan. Bagaimana caranya?

Anda yang memiliki kamar tidur tak terlalu luas tak perlu khawatir kekurangan space. Lima tips yang dikutip dari Rumah.com berikut ini mungkin bisa Anda coba!

Menata segala sesuatu
Ruangan kecil akan lebih nyaman ditempati jika barang-barangnya ditata dengan rapi. Ini artinya Anda harus menyingkirkan barang-barang yang kurang penting di kamar tidur. Sisanya, bisa “disembunyikan” di laci atau tempat lain agar tidak terlihat berantakan.

Maksimalkan ruang di bawah ranjang
Jika kamar tidur Anda sempit dan tidak memiliki langit-langit yang terlalu tinggi, Anda harus lebih kreatif lagi memanfaatkan tiap sudut ruang untuk menyimpan barang.

Celah di bawah ranjang bisa menjadi tempat yang mudah untuk menyimpan barang.

Di tempat ini Anda bisa menyimpan barang-barang seperti jaket tebal, kertas bungkus kado, dan bahan-bahan lain yang tidak digunakan setiap hari.

Bungkus barang-barang tersebut dengan plastik transparan agar tidak terkena debu. Untuk mendapat ruang penyimpanan yang ekstra, Anda bisa meninggikan kaki ranjang beberapa sentimeter agar lebih maksimal.

Pilih perabot yang multi fungsi
Ketika membeli sebuah perabot atau furnitur, pilih perabot yang multifungsi. Sebagai contoh, rak buku tidak hanya dapat dijadikan sebagai tempat menyimpan buku saja tetapi juga berfungsi sebagai meja rias.

Atau laci baju Anda yang tadinya hanya untuk menyimpan pakaian, kini bisa dimanfaatkan sebagai tempat meletakkan lampu tidur.

Intinya, perhatikan setiap barang yang bisa berpotensi sebagai tempat penyimpanan ekstra dan dapat disesuaikan dengan gaya Anda.

Contoh kasur anak sekaligus lemari penyimpanan dan meja belajar. Foto: Aliexpress.

Tambahkan cahaya ekstra
Sepertinya sudah umum diketahui kalau pencahayaan yang baik adalah kunci untuk membuat ruangan sempit terlihat lebih luas.

Untuk itu selalu pastikan pencahayaan di kamar tidur Anda terlihat cerah. Selain dari jendela, Anda juga bisa menambahkan ornamen lampu dengan berbagai model dan ketinggian sesuai selera.

Jangan lupakan dinding
Kamar tidur yang sempit tentunya bisa diakali dengan dekorasi dinding yang tepat. Sebuah cermin yang tergantung pada dinding tidak hanya berfungsi ketika Anda sedang dandan, namun juga membantu refleksikan lebih banyak cahaya ke dalam ruangan dan membuatnya terlihat lebih luas.

Selain menggantungkan foto dan pajangan seni lain, Anda juga bisa memajang aksesoris lain pada dinding.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini