Sukses


Ini Untungnya Kalau Punya Rumah Sendiri!

Meski merupakan proses yang panjang, namun membeli rumah dengan metode KPR akan memberikan banyak keuntungan untuk Anda. Apa sajakah itu?

Liputan6.com, Jakarta Membeli rumah pertama bisa menjadi keputusan yang sangat besar bagi Anda. Butuh waktu panjang untuk melakukan pertimbangan sampai akhirnya mengambil keputusan.

Lamanya pertimbangan bisa disebabkan karena butuh waktu untuk mengumpulkan uang muka yang tidak sedikit, mencari rumah yang tepat, sampai dengan bernegosiasi harga yang pas.

Meski menuntut komitmen yang besar, apalagi jika membeli dengan cara mencicil dalam jangka panjang, memiliki rumah sendiri memberikan sejumlah keuntungan. Dikutip dari Rumah.com, berikut ini lima hal yang menjadi keuntungan dari memiliki rumah sendiri.

Merasa aman
Mengontrak rumah adalah pilihan umum bagi mereka yang belum memiliki rumah. Jangka waktu untuk tinggal di rumah kontrak biasanya sudah ditentukan oleh pemilik rumah.

Ada yang mengharuskan tinggal minimal satu tahun, namun ada juga yang lebih suka jangka waktu sewa bulanan.

Anda juga harus rela jika sewaktu-waktu diminta meninggalkan rumah kontrak. Jika punya rumah sendiri, tentu Anda tidak perlu merasa was-was seperti ini, kan? Anda bisa tetap tinggal disana dengan lingkungan yang telah nyaman ditempati.

Bebas dekorasi
Saat mengontrak rumah, Anda tidak bisa bebas mendekorasi atau memodifikasi rumah yang Anda tinggali.

Alasan pertama adalah pemilik rumah tidak mengizinkan hal tersebut. Alasan kedua, mubazir jika mengeluarkan uang untuk merenovasi rumah yang nantinya akan Anda tinggalkan. Biasanya, pemilik rumah tidak akan memberi kompensasi apapun meski Anda memperbaiki rumah yang Anda tinggali.

Tentunya hal ini berbeda jika Anda punya rumah sendiri. Di rumah pribadi, Anda bisa mengubah setiap sudut rumah sesuka hati.

Nilai tambah
Jika dihitung-hitung secara lebih teliti, sebenarnya para penyewa rumah akan kehilangan “nilai” dari uang yang dikeluarkan ketika menyewa rumah.

Sebagai contoh, harga properti yang melambung cepat dari waktu ke waktu akan beriringan dengan harga sewa rumah yang terus naik.

Padahal rumah yang ditempati masih pada lokasi dan ukuran yang sama. Akibatnya Anda akan kesulitan untuk memiliki uang simpanan.

Sementara itu kalau Anda membayar cicilan KPR setiap bulan, nilai uang yang dikeluarkan (meski sedikit lebih besar) akan setara dengan keuntungan yang didapat dari capital gain setiap tahunnya.

Manfaat Ekuitas
Anda bisa menjaminkan rumah Anda. Perbedaan antara hutang yang Anda pinjam dari bank dan kenaikan nilai properti yang Anda miliki dikenal dengan istilah ekuitas (yang merupakan kunci dari melipat gandakan uang dalam sektor real estate).

Seiring dengan berjalan waktu, nilai ekuitas Anda akan bergerak lebih cepat daripada pinjaman Anda.

Ekuitas ini adalah aset finansial yang berguna ketika hendak membeli sebuah investasi, memulai bisnis atau melakukan pembiayaan untuk keperluan lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini