Sukses


Ide Menyelaraskan Bufet di Ruang Makan

Bufet atau kabinet di ruang makan dapat menjadi salah satu titik perhatian yang menjadikan ruang bersantap lebih hidup dan tidak membosankan

Liputan6.com, Jakarta Bufet atau kabinet di ruang makan dapat menjadi salah satu titik perhatian yang menjadikan ruang bersantap lebih hidup dan tidak membosankan. Berbagai cara bisa dicoba untuk membuat bufet terlihat lebih selaras dengan ruang makan. Bisa dengan memilih model yang cocok, bisa juga dengan memainkan warna.

Yang jelas, ruang makan yang hidup akan menjadikan acara bersantap lebih nikmat. Berikut ini beberapa inspirasi memanfaatkan bufet untuk menghidupkan ruang makan di rumah.

Mengecat bufet built-in dengan warna yang berbeda

01 Bufet simetris (houzz.com)

Bufet built-in dibuat menyatu dengan dinding yang memiliki fungsi ganda: sebagai lemari dan dinding pemisah ruang makan dengan ruangan lain. Untuk memberikan aksen pada ruang makan, Anda dapat mengecat bufet ini dengan warna yang cukup kontras dengan dinding.

Misalnya, bufet yang dicat dengan warna abu-abu, untuk ruangan berdinding putih. Aksen ini akan semakin kuat dan efektif jika bufet yang ada berupa bufet kembar yang mengapit akses dari ruang makan ke ruang sebelah.

Bufet sudut untuk ruang makan yang tak terlalu luas

02 Bufet menyiku (houzz.com)

Bufet di ruang makan umumnya berukuran besar, sehingga memakan tempat jika diletakkan di ruang yang tidak terlalu luas. Tapi bukan berarti ruang makan mungil tak bisa dilengkapi dengan bufet. Anda bisa memilih jenis bufet yang bentuknya menyiku, sehingga pas untuk sudut ruang makan.

Agar ruangan terasa semakin luas, pilihan warna bufet bisa diselaraskan dengan dinding. Untuk memberikan aksen pada ruangan ini, Anda bisa memasang lampu gantung berwarna biru navy atau hijau pirus, serta satu set kursi berwarna gelap.

Bufet kembar untuk membingkai jendela

03 Bufet kembar dan jendela (houzz.com)

Untuk ruang makan yang tidak terlalu luas dan memiliki jendela sebagai titik pusat perhatian, Anda bisa memilih sepasang bufet kembar jangkung. Dengan lebar yang tak seberapa, tapi tingginya memenuhi dinding dari lantai sampai langit-langit, bufet ini akan terlihat gagah bagaikan pilar. Keduanya akan memperkuat posisi jendela sebagai pusat pandang dalam ruangan.

Bufet untuk mendefinisikan ruang makan dan dapur yang menyatu

04 Ruang makan dan dapur menyatu (houzz.com)

Ruang makan biasanya terletak persis di sebelah dapur. Tapi tak jarang kedua ruangan ini menyatu, tidak dipisahkan oleh dinding apa pun. Untuk mendefinisikan masing-masing ruangan, bufet bisa amat membantu.

Pada contoh ini, bufet tinggi mendefinisikan bagian ruang makan, sementara bufet pendek yang terbuka dan menampilkan alat-alat makan menjadi bagian dari dapur. Meskipun memiliki warna yang sama, namun perbedaan postur keduanya akan membuat “peralihan” dari dapur ke ruang makan dan sebaliknya terasa dramatis.

Menyatukan bufet dengan tempat duduk panjang

05 Kombinasi bufet-kursi (houzz.com)

Ide yang amat brilian untuk menyatukan setelan kursi dan meja makan santai dengan sebuah bufet built-in. Bufet yang bercat putih, sama dengan dinding dan langit-langit, akan membuat ruangan terasa begitu padu. Untuk memberikan aksen, kursi yang dipilih memiliki strip-strip vertikal dengan paduan cokelat lembut dan merah yang menawan.

Mengecat bagian dalam bufet dengan warna terang

06 Mengecat bagian dalam bufet (houzz.com)

Bufet yang dicat dengan warna yang sama dengan dinding dan langit-langit akan membuat ruangan terasa luas. Tapi agar tidak monoton dan membosankan, perlu ada aksen dari warna-warna kontras. Mengecat bagian dalam bufet dengan warna terang yang kontras adalah salah satu cara yang brilian.

Astrid Septriana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini