Sukses


6 Kesalahan dalam Mendesain Interior Rumah

Perabot dan furnitur mungkin cantik di etalase, tetapi ketika diboyong ke rumah hasilnya tak secantik yang dibayangkan...

Liputan6.com, Jakarta Menentukan desain dan menata interior rumah bukanlah hal yang mudah. Banyak perabot, aksesori, dan furnitur mungkin nampak cantik di etalase toko atau katalog belanja, tetapi ketika diboyong ke rumah hasilnya tak secantik yang dibayangkan.

Mengetahui kesalahan-kesalahan umum yang biasa terjadi dalam menata interior sama pentingnya dengan mengetahui bagaimana penataan yang baik. Dinukil dari Rumah.com. berikut ini kesalahan-kesalahan yang kerap dilakukan dalam mendesain interior rumah.

Membuat Sesak Ruangan

Terlalu banyak furnitur, perabot, atau aksesori dalam satu ruangan dapat membuatnya terasa sesak dan susah untuk bergerak. Apa yang Anda butuhkan sebenarnya adalah mengisi ruangan agar tak terlihat lengang, tapi sekaligus lega dan leluasa.

Jika ruangan sudah terasa terlalu penuh atau padat, cobalah untuk menyortir barang-barang di dalamnya jadi tiga kategori. Pertama, barang-barang yang berguna. Kedua, barang-barang yang penting. Ketiga, barang-barang yang tak harus ada. Kemudian, singkirkan semua barang yang jatuh pada kategori ketiga.

Barang yang Tak Proporsional

Entah furnitur yang Anda beli terlalu besar atau terlalu kecil untuk ruangan rumah Anda, hasilnya sama saja. Ruangan itu akan terasa tidak imbang dan aneh. Oleh karenanya, sebelum Anda memilih atau membeli furnitur, pastikan Anda mempertimbangkan ukurannya. Pastikan pula ukuran ruangan Anda, baik panjang, lebar, maupun tingginya.

Membuat Pencahayaan Payah

Faktor pencahayaan amat penting dalam mendekorasi ruangan. Untuk mendapatkan ruangan yang cantik dan nyaman, usahakan ada pasokan pencahayaan alami sebanyak mungkin. Jangan menggunakan gorden atau kerai secara asal-asalan yang berakibat pada terblokirnya cahaya dari luar. Untuk mengoptimalkan pencahayaan, boleh juga Anda tempatkan cermin pada sisi ruangan yang berseberangan dengan jendela.

Mengecat Dinding Sebelum Menentukan Warna Furnitur

Orang terbiasa mengecat tuntas dinding rumah mereka, baru kemudian mencari furnitur dengan warna yang sesuai. Padahal ini lebih sulit daripada yang sebaliknya. Akan lebih mudah jika warna cat untuk dinding, Anda pilih berdasarkan warna furnitur yang Anda punya.

Bawalah contoh bahan dari furnitur Anda atau contoh warna yang sama ke toko cat. Pilih warna cat yang menurut Anda serasi. Dalam memilih cat untuk dinding, pertimbangkan pula pengaruh perubahan cahaya dari waktu ke waktu dalam sehari. Warna-warna tertentu mungkin terlihat bagus di pagi hari, tapi tak elok di sore hari.

Mengganggu Bukaan Jendela

Memasang gorden sebenarnya pekerjaan yang gampang-gampang susah. Jika Anda memasang tangkai gorden terlalu rendah, hasilnya ruangan akan terasa lebih kecil. Jendela pun terasa lebih sempit. Oleh karena itu, tangkai gorden sebaiknya dipasang setinggi mungkin mendekati plafon.

Tidak Ada Titik Pusat Perhatian

Titik perhatian di dalam ruangan akan menghadirkan keterarahan dan tatanan. Titik perhatian ini dapat berupa apa saja yang besar dan gagah, seperti jendela atau lukisan besar di dinding. Titik perhatian akan menjadi hal pertama yang orang lihat ketika masuk ruangan. Selebihnya, tata furnitur, perabot, dan aksesori mengikuti arahan dari titik ini.

Astrid Septriana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini