Sukses


10 Tempat yang Terlupakan Saat Membersihkan Rumah

Apakah Anda merasa sudah membersihkan rumah dengan cermat? Jangan yakin dulu!

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda merasa sudah membersihkan rumah dengan cermat? Jangan yakin dulu. Pasalnya, mungkin ada beberapa titik yang tidak terjamah saat membersihkan rumah.

Dikutip dari laman Rumah.com, simak 10 spot yang sering terlupakan saat membersihkan rumah. Jadi, persiapkan semprotan anti bakteri Anda!

1. Di Bawah Kulkas

Di bagian bawah kulkas sering kali terdapat sisa-sisa makanan yang tidak terlihat.

Tips: bersihkan dengan kain pel berbahan microfiber agar dapat menangkap kotoran yang terdapat di bawah kulkas, jangan lupakan bagian belakang kulkas.

2. Di Bawah Sofa

Mengangkat sofa bisa jadi sesuatu yang merepotkan, tapi cobalah liat ke bagian bawah sofa dan lihat betapa banyak kotoran yang tersimpan disana, apalagi jika Anda memiliki hewan peliharaan.

Tips : Gunakan penghisap debu yang dapat menjangkau ke bagian bawah setiap sudut sofa.

3. Di Sela Sofa

Sedang membutuhkan uang? Coba cari di bagian tengah sofa, Anda bisa saja menemukan beberapa uang koin dan barang kecil lain terselip di situ. Bagian ini harus dibersihkan dengan penghisap debu paling tidak satu bulan sekali.

4. Engsel Pintu yang Terbuka

Bagian segitiga engel di belakang pintu yang terbuka sering menjadi bagian yang terlupakan untuk dibersihkan. Periksa seluruh bagian pintu di rumah dan lihat bagaimana kotornya bagian tersebut.

5. Flush Toilet

Bagian ini sering tidak dibersihkan. Padahal, flush toilet membutuhkan perhatian lebih karena merupakan tempat bakteri dan jamur berkembang biak dengan cepat. Semprotkan bagian dengan spray anti bakteri.

6. Keyboard Komputer

Walaupun komputer tidak digunakan setiap hari, tapi keyboard merupakan salah satu bagian yang wajib dibersihkan secara rutin.

Tips: goyangkan keyboard untuk menjatuhkan semua debu dan kotoran yang terselip di dalamnya kemudian lap dengan tisu basah anti bakteri. Gunakan tusuk gigi atau pembersih kuping untuk membersihkan sela-sela keyboard.

7. Tub Pengering di Mesin Cuci

Bersihkan bagian tub pengering di mesin cuci secara rutin untuk menghindari tumpukan benang atau serat baju yang dapat memercikkan api di mesin cuci.

Tips: bersihkan penyaring di mesin cuci setiap habis digunakan, kosongkan air dan selalu bersihkan hingga kering seluruh bagian mesin cuci.

8. Mesin Pencuci Piring

Mesin pencuci piring sangat bermanfaat, jadi rawatlah dengan baik agar awet.

Tips: bersihkan mesin tiga bulan sekali dengan pembersih khusus untuk menghilangkan bau serta membuat mesin pencuci selalu higienis.

9. Kasur

Apakah Anda sering membersihkan kasur tempat tidur? Jika tidak, bersihkan dan balik kasur setiap 6 bulan sekali.

10. Kipas Ekstraktor

Kipas ini sering digunakan setiap memasak, sehingga sangatlah mungkin banyaknya kotoran tersimpan di sini. Bersihkan paling tidak 6 bulan sekali untuk hasil yang maksimal.

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini