Sukses


Cara Unik ‘Mengawinkan’ Garasi dengan Desain Rumah

Beberapa rancangan rumah hasil desain para arsitek mancanegara ini ternyata selangkah lebih jauh.

Liputan6.com, Jakarta Untuk rancangan rumah masa kini, terutama yang terletak di daerah perkotaan, garasi (carport) sudah menjadi salah satu kebutuhan. Ruang untuk menaruh mobil hampir selalu harus ada, mengingat alat transportasi ini sudah menjadi salah satu wahana yang paling lazim digunakan.

Namun, beberapa rancangan rumah para arsitek dari berbagai negara ini ternyata selangkah lebih jauh. Di dalam rancangannya, mereka bukan hanya menyediakan sepetak ruang untuk garasi.

Dengan cara yang unik, mereka menjadikan garasi salah satu daya tarik yang menjadikan rumah-rumah yang mereka desain tidak biasa. Mungkin Anda akan mendapatkan inspirasi untuk rumah idaman Anda kelak. Dikutip dari Rumah.com, berikut ini beberapa di antaranya.

Atap Sebagai Garasi

1. Garasi di atap (archdaily.com)

Sebuah rumah di Echo Park, Los Angeles, Amerika Serikat, memiliki garasi yang terletak di atap. Bukan berarti mobil harus naik dari jalanan untuk sampai ke tempat parkir, tapi malah orang yang harus turun ke dalam rumah setelah menaruh mobilnya.

Kok bisa? Tentu bisa, karena rumah ini dibangun pada sebuah lereng curam yang menurun dan lebih rendah dari permukaan jalan.

Garasi untuk Memajang Mobil Antik

2. Garasi etalase (archdaily.com)

Bagi pemilik mobil antik, mobil tentu saja bukan sekadar alat transportasi. Pasti ada kebanggaan dengan koleksi mewah tersebut. Oleh karena itu, ide garasi ini amat cocok.

Dengan memanfaatkan kaca sebagai dinding pada salah satu sisi ruang garasi, sebuah rumah di Sofia, Bulgaria, menjadikan garasi layaknya etalase yang menampilkan pesona mobil antik milik sang empunya rumah.

Garasi Menyatukan Dua Rumah

3. Garasi kubah (archdaily.com)

Pernahkah Anda membayangkan garasi yang menjadi pusat perhatian dalam rancangan dua rumah sekaligus? Hal tersebut bisa Anda lihat di Arch Wall Houses yang terletak di Tokyo, Jepang. Keduanya merupakan rumah keluarga, dengan sebuah “terowongan” beratap lengkung yang terdapat di antara mereka. Terowongan inilah yang menjadi garasi bagi mobil sang pemilik, sekaligus menyediakan akses langsung ke sebuah taman di pekarangan belakang rumah.

Untuk membuat kesan lebih dramatis, sisi depan rumah yang langsung menghadap ke jalan besar dibuat polos oleh sang arsitek. Sepenuhnya putih, dan tanpa pintu atau jendela. Menyisakan terowongan garasi sebagai satu-satunya penarik perhatian.

Galeri Seni di Jalur Masuk Mobil

Auto-Family House / KWK Promes Robert Konieczny

Dari waktu ke waktu teknologi yang berkembang telah melahirkan mobil yang semakin ramah lingkungan. Dengan mempertimbangkan kelebihan mobil ramah lingkungan ini, sebuah garasi ternyata dapat juga dirancang menjadi galeri yang menawan bagi lukisan-lukisan koleksi pemilik rumah.

Sebuah rumah di Polandia menyediakan bagian besar lahannya yang luas untuk garasi. Sisi-sisi ruang garasi itu pun diubah menjadi galeri untuk memajang berbagai koleksi lukisan. Dengan teknologi ramah lingkungannya, mobil yang menempati “galeri seni” ini takkan merusak karya-karya yang terpajang dengan sisa-sisa buangan knalpot.

Garasi Sebagai “Ujung Tombak” Rumah

5. Garasi di Niigata (archdaily.com)

Rumah yang satu ini barangkali punya bentuk yang tak lazim. Bukannya kotak seperti rumah kebanyakan, rumah di Niigata, Jepang, ini punya bentuk yang lebih menyerupai potongan short cake. Menariknya, bagian garasi juga menjadi bukaan utama yang lebar dan langsung mengarah ke jalan. Sisa halaman yang cukup luas sengaja diaspal, sehingga tercipta kesinambungan dengan jalan di depan rumah.

Astrid Septriana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini