Sukses


Awas, Alat Rumah Tangga Pun Bisa Kedaluwarsa!

Kedaluwarsa bukan hanya berlaku untuk makanan atau obat-obatan, tapi juga berbagai alat masak dan alat rumah tangga lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Selama ini Anda pasti kurang memerhatikan kondisi alat-alat rumah tangga. Anda tidak pernah sadar kalau alat tersebut juga ada masa berlakunya.

Betul, kedaluwarsa bukan hanya berlaku untuk makanan atau obat-obatan, tapi juga berbagai alat masak dan alat rumah tangga lainnya. Jika Anda menggunakannya hingga menunggu rusak, alat-alat ini hanya akan menyebarkan penyakit. Simak tips yang dinukil dari Rumah.com berikut ini:

Kompor Gas

Kompor gas yang biasanya ditanam di dalam marmer untuk kitchen set dapat bertahan hingga 15 tahun. Anda mungkin tidak sadar jika ada bagian dalam kompor yang mulai berkurang fungsinya, seperti saluran gasnya kotor atau malah tersumbat. Agar kompor gas bisa bertahan lama, selalu bersihkan pinggiran tungku kompor beberapa jam usai dipakai.

AC

Bila Anda rutin melakukan service AC dan membersihkan filternya, AC dapat bertahan hingga lebih dari 10 tahun. Tapi, pastikan untuk mengganti AC Anda setelah berumur lebih dari itu. Pasalnya, kemampuan AC untuk menyejukkan ruangan menjadi berkurang. AC yang sudah tua hanya menyalurkan angin tanpa mendinginkan ruangan.

Kulkas

Daya tahan kulkas adalah 13 tahun, itu pun dengan syarat harus sering dibersihkan minimal 2-3 minggu sekali. Soalnya, kotoran yang menempel di kulkas berpotensi menumbuhkan jamur dan bakteri penyebab diare. Kulkas yang sudah melewati masa kedaluwarsanya juga berisiko menimbulkan korsleting listrik.

Microwave

Oven atau microwave Anda bisa bertahan hingga 9-10 tahun, terutama jika Anda rutin membersihkannya usai digunakan. Sisa makanan yang masih tertinggal di dalam microwave akan membuat microwave harus bekerja keras untuk memanaskan makanan berikutnya yang membuat daya listriknya lebih besar. Sisa makanan yang terpanggang dan gosong ini juga bersifat karsinogen yang memicu kanker.

Wastafel

Wastafel dari keramik dan aluminium yang biasanya digunakan untuk mencuci piring dapat bertahan selama 5-10 tahun. Lebih dari itu, biasanya terdapat kebocoran atau sumbatan pada saluran airnya. Bersihkan wastafel Anda minimal setiap tiga hari sekali untuk mencegah timbulnya jamur.

Cek Alat Masak

Anda boleh saja selalu mengonsumsi makanan sehat yang kaya serat. Tapi, jika alat masak yang Anda gunakan tidak terjamin kebersihannya, penyakit tifus, diare, bahkan infeksi usus akan rentan menyerang. Untuk itu, jangan malas mendaur ulang peralatan masak Anda.

  • Pisau daging
    Pisau daging bisa digunakan antara 1-2 tahun, sementara pisau buah bisa digunakan hingga 2 tahun. Langsung ganti pisau Anda jika terlihat berkarat.
  • Talenan kayu
    Sebaiknya, gantilah talenan kayu—yang sering digunakan—jika sudah berumur 6 bulan hingga satu tahun. Talenan kayu cenderung digunakan untuk memotong daging atau ikan mentah, sehingga kadang menyimpan sisa lemak atau darah di permukaannya.
  • Talenan plastik
    Gantilah talenan plastik Anda jika sudah berumur 1,5 – 2 tahun. Talenan yang terlalu lama akan terkikis, dan ‘remah-remah’ plastik ini akan menempel pada kue atau buah yang Anda potong di atasnya.
  • Wajan
    Setelah berusia 2 tahun, permukaan wajan antilengket akan semakin menipis. Permukaan yang tipis ini justru dapat menimbulkan racun pada makanan yang dimasak di atasnya.

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini