Sukses


Membersihkan Rumah Ala Room Service Hotel

Penasaran bagaimana cara hotel dalam merapikan dan membersihkan kamar sehingga selalu bersih dan terasa baru?

Liputan6.com, Jakarta Hotel yang bersih dan nyaman selalu menjadi destinasi ketika Anda memiliki serangkaian kegiatan di luar kota atau luar negeri. Penasaran bagaimana cara hotel dalam merapikan dan membersihkan kamar sehingga selalu bersih dan terasa baru?

Simak trik pelayanan hotel berikut yang dilansir dari halaman Rumah.com dan cobalah di rumah Anda:

Bersihkan Barang yang Berserakan Terlebih Dahulu

Maria Stickney, Manajer Housekeeping di Hotel Blu Radisson lebih suka membersihkan dahulu kamar yang berantakan sebelum mulai merapikannya. Dia akan mengosongkan tempat sampah terlebih dahulu, menaruh seprai dan handuk di tempat baju kotor dan hal lain yang terlihat berantakan di kamar. Di kamar mandi, dia akan menyingkirkan handuk, alas kaki, botol kosong dan apapun yang ada di atas wastafel atau toilet .

Gunakan Lap Microfiber

Rahasia dalam mengelap perabotan dengan efisien adalah bahan lap yang digunakan. “Microfiber adalah yang terbaik,” ujar Agustin Canongo, Direktur Housekeeping di Hotel Loews Vanderbilt, Tennesee, Amerika Serikat. Jika Anda tidak memilikinya, gunakan lap berbahan kapas 100% seperti cloth diaper yang bersih, sarung bantal bekas atau kaos yang tak terpakai. Hindari lap berbahan polyester karena akan menghasilkan lebih banyak debu.

Bereskan Tempat Tidur dengan Cepat

Membereskan tempat tidur yang ukurannya lebih besar dari twin size akan menghabiskan banyak waktu dimanapun Anda memulainya. Perhatikan sisi kiri dan kanan yang benar dalam memasang seprai tempat tidur, jika Anda memasangnya di sisi yang salah, maka Anda akan sibuk menariknya kesana kemari agar terlihat seimbang.

Bersihkan Debu yang Menggantung

Partikel Debu hanya akan terus bersirkulasi jika dibiarkan di ruangan dalam waktu yang lama. “Cara terbaik untuk menghilangkan debu yang menggantung seperti di tirai atau tempat tidur adalah mengepaknya dengan handuk tangan,” ujar Stickney.

Handuk ukuran ini dapat membersihkan debu tanpa harus membuat tangan Anda lelah. Jika debu tersebut menempel di penghisap debu, ketukan bagian ujung ke lantai kemudian hisap menggunakan penghisap debu lagi.

Sapu dulu sebelum Pel

Selalu menyapu atau menghisap debu terlebih dahulu sebelum mulai mengepel. Mulai mengepel dari ujung yang paling jauh hingga ke pintu.

Kamar Mandi Terakhir

Mulai membersihkan tempat tidur terlebih dahulu sebelum membersihkan kamar mandi untuk meminimalisir perpindahan bakteri.

Pembersih yang bagus Butuh Waktu Bereaksi

Biarkan produk pembersih bekerja. Semprotkan dinding shower serta toilet, dan biarkan melakukan selama beberapa menit. Gunakan waktu ini untuk membersihkan kaca, jendela, tempat obat, dan barang lain yang ada di kamar mandi. Setelah selesai, bilas dengan bersih bagian yang sudah disemprot.

Pembersih Favorit ada di Dapur

Pembersih terbaik yang dimiliki adalah cuka putih dan air, karena air ini dapat membersihkan residu lebih baik dibandingkan pembersih lain.

Gunakan Sikat Gigi

Anda mungkin akan kelelahan jika menggunakan sikat gigi ke semua bagian kamar. Untuk beberapa spot yang sulit dijangkau seperti di kamar mandi dapat dicapai dengan mudah jika menggunakan sikat gigi.

Simpan dengan Baik Peralatan

Pelayanan di hotel selalu menyimpan dengan baik semua peralatan membersih. Anda bisa melakukannya di rumah dengan mengumpulkan ember kecil dengan semua perlengkapan, semprotan, sikat dan sapu. Dengan ini, waktu bersih-bersih akan menjadi lebih efektif dan efisien.

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini