Sukses


Trik Mudah Membersihkan Rumah

Membiarkan rumah dalam keadaan kotor dan berantakan berisiko menimbulkan bakteri dan virus penyebab flu.

Liputan6.com, Jakarta Apa yang membuat rumah Anda selalu berdebu dan berantakan? Pasti Anda akan menjawab akibat terlalu sibuk, Anda tak lagi sempat membersihkannya.

Urusan pekerjaan membuat Anda pulang malam dan ingin langsung tidur. Padahal, membiarkan rumah dalam keadaan kotor dan berantakan berisiko menimbulkan bakteri dan virus penyebab flu.

Sebenarnya, ada cara mudah dan cepat untuk menjaga rumah Anda tetap bersih dan bebas kuman, yaitu dengan mencicil membersihkannya setiap hari. Berikut ini tips yang dinukil dari Rumah.com:

Lakukan 15 Menit Sehari

  • Seka permukaan meja ruang tamu, ruang makan, dan dapur dengan kemoceng. Bersihkan kompor dengan lap setengah basah. Pasalnya, membiarkan kompor dalam keadaan kotor—misalnya ada sisa makanan menempel—akan menimbulkan munculnya bakteri e Coli penyebab diare.
  • Sapu ruangan—terutama kamar Anda, karena biasanya banyak rambut dan sisa makeup yang berjatuhan di lantai—minimal satu kali sehari. Sebelum menyapu, pastikan Anda sudah selesai membersihkan meja dengan kemoceng. Gunanya, agar ketika Anda ingin membersihkan seluruh rumah, lantai masih dalam keadaan bersih, sehingga Anda bisa langsung mengepelnya.
  • Saat bangun pagi, buka jendela untuk memperlancar sirkulasi udara sekaligus mengeluarkan debu yang ada di dalam ruangan. Tutup jendela setelah Anda siap berangkat kerja, atau saat Anda memanaskan mesin kendaraan.
  • Bersihkan permukaan seprai kasur dengan sapu lidi, lalu tepuk-tepuk bantal dan guling hingga bentuknya kembali seperti semula. Hal ini untuk mencegah tungau hinggap di seprai Anda.
  • Saat Anda tiba di rumah setelah bekerja, kosongkan tempat sampah yang ada di dapur dan kamar mandi. Membiarkannya berlama-lama akan mengundang lalat dan kecoa.
  • Jika tak digunakan, gulung karpet yang ada di ruang keluarga dan ruang bermain anak. Membiarkannya tergeletak hanya akan menumpuk debu.

Lakukan 30 – 60 Menit Seminggu

  • Ganti handuk, seprai dan seluruh sarung bantal serta guling. Jika memungkinkan rendam dahulu dengan air hangat untuk meluruhkan kotoran yang menempel. Bila Anda merasa tak sempat melakukannya, menggunakan jasa laundry bisa dijadikan pilihan.
  • Bersihkan kamar mandi, sikat lantai, toilet, dan wadah menyimpan toiletries. Siram lantai dengan cairan antikuman. Kamar mandi yang harum akan membuat suasana mandi lebih nyaman sekaligus mencegah timbulnya jamur.
  • Pel lantai rumah minimal satu minggu sekali dengan cairan pembersih lantai.
  • Seka jendela, teralis, dan pinggirannya dengan kain bersih.

Lakukan 60 – 90 Menit Sebulan

  • Bersihkan sofa, sarung bantal sofa, dan karpet dengan vacuum cleaner agar tak terlalu banyak debu yang menempel. Debu di sofa berisiko menimbulkan gangguan pernapasan pada anak.
  • Ganti semua keset, terutama keset di depan kamar mandi dan di luar rumah dengan yang bersih. Cucilah keset yang sudah digunakan.
  • Cek kondisi rak dan laci menyimpan piring. Bersihkan jika memang sudah terlihat berdebu dan biasakan memberikan alas di laci.


Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.