Sukses


Yuk, Kenali Furnitur yang Pas untuk Ruang Sempit

Ruang di rumah terbatas? Jangan khawatir, simak rangkuman ide furnitur berikut untuk mendekorasi rumah baru Anda.

Liputan6.com, Jakarta Tingginya harga hunian di Ibukota menyebabkan sejumlah masyarakat berpenghasilan menengah harus rela tinggal di rumah tipe sederhana –luas bangunan 36 atau 40- bahkan apartemen tipe studio.

Tak sedikit orang yang mengeluh hunian rumah tipe kecil ataupun apartemen tipe studio terasa sempit. Ini bisa jadi disebabkan oleh penataan dan pemulihan furnitur yang salah.

Dikutip dari housebeautiful.com, tidak selamanya furnitur kecil membuat ruangan terasa lapang, sementara furnitur besar membuat rumah terasa sempit.

Terlalu banyak furnitur kecil membuat rumah terasa seperti gudang, sementara furnitur besar membuat rumah jadi nampak lebih besar.

Bila jarak langit-langit di kamar tidur cukup tinggi, maka tempatkanlah sebuah lemari pakaian berukuran tinggi juga. Faktanya, peletakan seperti ini dapat menghasilkan efek pandangan seseorang menjadi jauh ke atas dan lepas dari kesan sempit.

Untuk membimbing Anda dalam mendekorasi ruang sempit dengan furnitur, berikut lima ide dari Rumah.com yang bisa diterapkan;

Meja custom

Kendati tinggal di hunian dengan ruang terbatas, bukan berarti Anda tak bisa memiliki sebuah meja untuk vas bunga, lampu, dan kaca. Berkunjunglah ke gerai jasa pembuatan furnitur, lalu minta dibuatkan meja ramping seperti gambar di atas.

Agar tampilannya lebih menarik, pahatan pada bagian kaki meja tidak boleh dilupakan. Anda bisa mengeksplorasi desainnya lebih kreatif atau persis menyerupai contoh di atas. Untuk warna catnya, bisa tergantung tema ruangan yang diinginkan.

Tatakan cangkir

Penadah cangkir kopi ini cocok untuk Anda yang tinggal di apartemen tipe studio atau one bedroom. Cara membuatnya pun sangat mudah, bisa dikerjakan oleh diri sendiri. Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan serta tahapan membuatnya;

Kabinet datar

Desain rak berikut ini terlihat lebar, tetapi justru membuat ruangan terasa lebih luas karena meski lebar dan tinggi, lemari ini tidak terlalu panjang ke depan.

Rak buku ramping

Siapa bilang rak buku untuk perpustakaan mini di rumah harus berukuran besar? Area kosong di balik pintu kamar tidur nyatanya bisa dimanfaatkan untuk menempatkan belasan bahkan puluhan buku favorit.

Kaca ajaib

Sumber: handimania.com

Breakfast nook atau dikenal juga dengan kitchen banquette yang biasa terdapat dalam rumah modern kini bisa dihadirkan di apartemen Anda. Tak perlu membeli satu set meja dan sofa –karena sudah pasti tidak mumpuni- hanya sebuah kursi plastik dan kaca multifungsi.

Kaca ajaib ini bisa digunakan sebagai meja makan saat Anda sarapan pagi atau makan malam. Dan saat ditutup, voila! fungsinya berubah menjadi pemanis ruang serta wadah untuk Anda merias diri. Hubungi segera ahli furnitur terdekat untuk miliki kaca multifungsi ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.