Sukses


Trik Gunakan Peta untuk Dekorasi Rumah

Berikut delapan tips inspiratif dalam mendekorasi rumah menggunakan peta.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda seseorang yang menyukai berpergian atau memiliki cita-cita suatu hari nanti dapat berpergian ke seluruh penjuru dunia, peta merupakan kebutuhan wajib. Selain itu, dekorasi rumah menggunakan peta pun cukup menarik untuk dicoba.

Dikutip dari Rumah.com, berikut delapan tips inspiratif dalam mendekorasi rumah menggunakan peta.

1. Buat Menjadi Wallpaper

TipsMenggunakanPeta-Wallpaper

Manfaatkan peta yang Anda miliki ketika melakukan perjalanan. Jika kesulitan menggunakan lem karena kertas peta terlalu tebal, gunakan pin untuk memasangnya di dinding, pastikan bagian yang menggunakan pin tidak dapat diraih oleh anak-anak. Beberapa peta mungkin berbeda ukuran, tumpuk salah satu peta dengan peta lain jika dibutuhkan.

2. Gunakan untuk Menambah Privasi

TipsMenggunakanPeta-Privasi

Jika rumah Anda memiliki pintu kaca atau banyak jendela, sedangkan Anda membutuhkan privasi lebih, gunakan peta dan tempelkan di bagian belakang kaca. Dengan cara ini kaca akan tetap terlihat cantik meskipun ditutup.

3. Buat Dinding Galeri

TipsMenggunakanPeta-Galeri

Ingin membuat ruang makan tidak terlihat biasa-biasa saja? Gunakan peta untuk membuat dinding ruang makan menjadi sesuatu galeri yang unik. Anda cukup membingkai setiap peta dan memasangnya di dinding. Dengan begini Anda dapat mengingat semua kota atau negara yang sudah dikunjungi ketika duduk di meja makan.

4. Sebagai Penghias Tempat Tidur

TipsMenggunakanPeta-TempatTidur

Jika Anda memiliki tempat tidur yang tidak memiliki papan di bagian ujung, gunakan peta sebagai latar belakang tempat tidur. Jika suatu saat Anda berencana untuk pindah, Anda tidak perlu repot membersihkannya.

5. Mengisi Dinding yang Kosong

TipsMenggunakanPeta-DindingKosong

Seringkali di salah satu bagian rumah terdapat dinding yang besar dan kosong. Potong peta hingga menjadi beberapa bagian, dan bingkai masing-masing bagian tersebut. Letakkan bingkai tersebut di area dinding rumah yang kosong.

6. Jadikan Ornamen Bergaya Vintage

TipsMenggunakanPeta-Vintage

Anda masih ingat peta besar berbentuk gulungan yang untuk membukanya harus menarik salah satu tali di ujungnya? Letakkan peta tersebut di ruang kerja Anda, peta seperti ini akan menambah kesan klasik tanpa harus repot membingkainya.

7. Buat Nampan Dekoratif

TipsMenggunakanPeta-Nampan

Ubah peta menjadi nampan yang menarik dengan cara berikut. Gosok nampan agar dapat dicat dengan mudah jika sudah, mulailah mengecat. Gunting peta sesuai ukuran nampan, tempel peta menggunakan lem kuat.
Ratakan kertas peta yang berkerut atau bergelembung dengan alat khusus atau sendok. Jika Anda terlalu sayang untuk menggunakannya gantungkan nampan di dinding sebagai hiasan dekoratif rumah.

8. Sebagai Alas Piring

TipsMenggunakanPeta-AlasPiring

Tidak mempunyai waktu yang banyak untuk membuat ornamen dekoratif dari peta? Anda hanya membutuhkan lima menit untuk melakukan ini. Lipat peta menjadi dua bagian, bungkus dengan plastik bening (atau laminating jika ada waktu lebih), gunting ujung-ujung yang masih mengganggu dan peta pun bisa ditaruh di meja makan sebagai alas piring.

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.