Sukses


Sukses Menyelenggarakan Arisan di Rumah Mungil

Tak perlu khawatir, luas ruangan yang terbatas bukan halangan untuk mengadakan jamuan bagi keluarga atau teman dekat.

Liputan6.com, Jakarta Berkumpul sekaligus reuni dengan teman-teman lama memang lebih seru jika diadakan di rumah. Selain bisa mengobrol lebih lama, biayanya pun cenderung lebih murah.

Soalnya Anda bisa mengajak teman-teman untuk potluck. Tapi begitu Anda yang kebagian rumahnya sebagai lokasi arisan, barulah Anda berpikir ulang. Rumah Anda luasnya tak lebih dari 50 meter persegi, belum tentu cukup menampung teman Anda yang berjumlah lebih dari 10 orang.

Tak perlu khawatir, luas ruangan yang terbatas bukan halangan untuk mengadakan jamuan bagi keluarga atau teman dekat. Berbekal trik yang dinukil dari Rumah.com ini, Anda akan siap mengundang mereka makan siang di rumah Anda.

Keluarkan Kursi

Sebisa mungkin jangan gunakan kursi di dalam ruangan. Keluarkan sebagian besar kursi dan tempatkan di salah satu kamar yang tidak akan Anda gunakan.

Sebagai tempat duduk, cukup gunakan satu sofa panjang dan gelarlah karpet di lantai ruang tamu dan keluarga. Mengadakan pesta sambil berdiri akan lebih memuat banyak orang.

Gunakan Meja Kopi

Untuk sementara, singkirkan meja makan yang berukuran besar. Anda bisa menyimpannya di kamar yang tak terpakai atau halaman belakang yang tidak digunakan untuk berkumpul. Gunakan coffee table sebagai tempat menyajikan makanan. Agar lebih nyaman, tambahkan vas bunga segar di tengah meja.

Atur Makanan

Jangan mengeluarkan hidangan sekaligus. Layaknya berada di resto fine dining, hidangkan makanan dalam tiga tahap, agar muat di meja saji Anda.

Pertama, hidangkan makanan pembuka atau camilan seperti sandwich, gorengan sehat, atau salad. Lalu, Anda bisa mengajak seluruh tamu untuk makan siang.

Setelah memberi jeda 1-2 jam berikutnya, barulah Anda menghidangkan pencuci mulut, seperti puding atau kue manis. Hal ini juga berguna untuk mengatur peralatan makan yang Anda keluarkan. Sebaiknya, gunakan piring dan gelas berukuran sedang agar mudah dibawa.

Jangan Sia-siakan Halaman

Saat cuaca hangat tapi sejuk, gunakan carport, teras, atau halaman sebagai ruang untuk mengobrol. Cukup gelar karpet di carport Anda, lalu tambahkan bantal-bantal yang colorful sebagai alas duduk. Enaknya, Anda dan keluarga bisa berbincang sambil tetap mengawasi si kecil yang bermain di halaman atau di luar rumah Anda.

Tambahkan Acara di Luar

Bila acara kumpul berlangsung seharian, jangan buat keseluruhan acara di rumah. Hal ini untuk mencegah bosan akibat sempitnya ruangan. Ajaklah seluruh teman arisan untuk menikmati waktu sore di club olahraga kompleks atau taman yang tak jauh dari rumah. Dengan demikian, teman-teman Anda juga bisa menikmati udara segar.

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.