Sukses


Aktivitas Luar Rumah yang Asyik Dilakukan Saat Hujan

Dengan persiapan dan perlakuan yang tepat, tidak ada alasan bagi orang tua untuk melarang anak bermain hujan.

Liputan6.com, Jakarta Anak-anak tentu suka bermain di luar rumah. Tapi jika hari hujan, yang Anda lakukan hanya mengurungnya di dalam rumah.

Banyak orang tua khawatir anak mereka akan sakit jika hujan-hujanan. Namun psikolog Mira D. Amir justru mengungkapkan bahwa dengan persiapan dan perlakuan yang tepat, tidak ada alasan bagi orang tua untuk melarang anak bermain hujan.

Dikutip dari Rumah.com, bermain hujan memiliki banyak manfaat, seperti:

1. Mengembangkan daya eksplorasi dan mengasah kecerdasan anak. Hujan termasuk fenomena alam yang menarik bagi anak-anak. Tak ada salahnya mereka belajar akrab dengannya.

2. Hujan-hujanan biasanya disertai berbagai polah permainan sehingga dapat melatih daya motorik dan menguatkan otot-otot anak.

3. Bermain di bawah curahan hujan juga akan membantu anak-anak mengembangkan imajinasi mereka.

4. Seperti halnya permainan-permainan lain, bermain air hujan juga dapat membuat anak-anak menikmati kegembiraan, sehingga terhindar dari stres.

Permainan Saat Hujan

Berikut ini beberapa permainan yang bisa Anda ajarkan kepada anak-anak supaya hujan juga bisa menjadi wahana belajar:

1. Bermain dengan genangan. Anak-anak suka berlari-larian, tertawa, dan melompat. Di kala hujan, genangan air yang ada di mana-mana bakal jadi teman yang mengasyikkan buat mereka. Sekadar melompati genangan atau lompat ke dalamnya saja sudah amat menyenangkan.

2. Cari tahu kemana hujan pergi. Dari mana hujan turun? Kemana mereka pergi? Anak-anak mungkin punya banyak pertanyaan semacam ini. Mengikuti ke mana air hujan mengalir akan membantu mereka mengeksplorasi jawaban mereka sendiri untuk pertanyaan-pertanyaan “ilmiah” seperti ini.

3. Dengarkan lantunan hujan. Taruhlah beberapa benda yang berbeda-beda di bawah hujan. Dan amati bagaimana hujan yang menerpa permukaan-permukaan itu menghasilkan aneka macam bebunyian.

4. Safari hujan. Jenis-jenis binatang tertentu, seperti cacing dan kodok, acap muncul ketika hujan. Sebagian mungkin geli dengan jenis hewan ini, namun siapa tahu bertemu dengan binatang-binatang ini justru jadi pengalaman menarik buat anak-anak.

5. Bermain kapal-kapalan. Anak-anak suka melemparkan aneka benda ke dalam genangan air atau ke selokan kecil. Ranting pohon atau daun pun akan terasa bagai perahu kecil bagi mereka. Minimal, mereka akan belajar benda apa yang bakal terapung, dan mana yang akan tenggelam.

Ide-ide tersebut mungkin akan membuat bermain hujan lebih menyenangkan bagi si kecil. Namun, yang terbaik barangkali memercayakan pada mereka permainan yang asyik untuk dilakukan. Bebaskan saja anak-anak menggunakan imajinasi dan menikmati hujan dengan cara mereka sendiri.

Perhatikan Efek Negatif

Selain kesenangan, ada hal yang perlu Anda lakukan untuk mencegah munculnya efek-efek negatif, seperti berikut:

1. Tetap awasi dan dampingi anak-anak saat bermain. Jangan sampai mereka mengejar binatang yang berbahaya, seperti ular, atau bermain di tempat yang berisiko, seperti jalan raya.

2. Pastikan si kecil tidak bermain dengan perut kosong agar tidak masuk angin. Selain itu, ada baiknya beri mereka minuman hangat sebelum bermain hujan. Ini akan membantu mencegah suhu tubuh mereka drop. Boleh juga gosokkan minyak kayu putih ke badan mereka.

3. Tak ada salahnya mengenakan jas hujan dan sepatu bot. Perlengkapan ini juga akan membantu menjaga kestabilan suhu tubuh anak di bawah hujan.

4. Setelah selesai bermain, segeralah lap badan si kecil dengan handuk kering. Mandikan mereka dengan air hangat. Juga berikan lagi minuman hangat.

Astrid Septriana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.