Sukses


Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Tinggal Sendiri

Tinggal sendiri membuat Anda lebih bebas sekaligus belajar untuk hidup mandiri. Namun, ada beberapa kesalahan yang kerap dilakukan...

Liputan6.com, Jakarta Ketika akhirnya berhasil membeli apartemen atau rumah sendiri, Anda pun tak sabar ingin segera hijrah dari rumah orangtua ke hunian tersebut.

Tinggal sendiri membuat Anda lebih bebas sekaligus belajar untuk hidup mandiri. Namun, ada beberapa kesalahan yang kerap dilakukan saat Anda tinggal sendiri. Dikutip dari Rumah.com, berikut ini enam hal di antaranya.

Merasa Selalu Bersih

Terlihat bersih bukan berarti selalu bersih dan bebas kuman. Cek peralatan di kamar mandi Anda. Biasanya, karena basah dan lembap, alat-alat tersebut terlihat bersih, misalnya shower, dudukan toilet, dan dinding kamar mandi.

Tidak Pernah Mengecek Kulkas

Jangan menyimpan seluruh bahan makanan di dalam kulkas. Ada beberapa sayuran yang sebenarnya lebih cocok disimpan dalam suhu ruang, misalnya bawang dan kentang. Membiarkannya di dalam kulkas malah akan membuatnya berair dan busuk, akibatnya mengundang bakteri yang akan menyebar pada bahan pangan lainnya.

Kulkas yang tidak pernah dibersihkan dan terlalu banyak bunga es, akan bekerja lebih berat sehingga menghabiskan daya listrik lebih besar.

Abai Terhadap Dapur

Dapur adalah sumber kesehatan Anda. Makanan Anda akan menjadi tidak sehat jika dapur dalam keadaan kotor.

Selain itu, kompor yang kotor dan banyak sisa makanan akan membuat gas yang mengalir menjadi tersendat atau terlalu besar. Bersihkan kompor beberapa jam setelah Anda menggunakannya untuk menghemat gas dan menghindari munculnya bakteri.

Memasak dengan hemat energi pun ada triknya. Misalnya, biasakan menggunakan panci tertutup saat memasak air atau memanaskan makanan. Kondisi ini membuat suhu panas bertahan di dalam panci, sehingga air atau makanan lebih cepat matang.

Mencuci Berlebihan

Mencuci biasanya menjadi kegiatan paling melelahkan saat Anda tinggal sendiri. Meski Anda hobi menumpuk pakaian kotor, gunakan mesin cuci sesuai kapasitasnya. Beban yang berat akan membuat mesin cuci menghabiskan energi listrik lebih banyak.

Membiarkan Kabel Tertancap pada Stop Kontak

Jika laptop tidak sedang digunakan, cabut kabelnya, karena penyerapan listriknya mencapai 15% meski laptop dalam keadaan mati—begitu juga dengan ponsel dan alat musik. Bila Anda terbiasa menonton TV sebagai teman tidur, nyalakan timer-nya, sehingga TV tidak menyala semalaman.

Cabutlah kabel listrik setiap kali meninggalkan rumah. Menurut Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), alat elektronik dalam keadaan stand by, masih menyedot listrik sebesar 5 watt. Mematikan alat elektronik yang tidak digunakan akan mengurangi tagihan listrik sekitar 10% setiap bulan. Selain itu, alat elektronik yang masih terhubung dengan listrik juga menghasilkan emisi CO2.

Sharing di Media Sosial

Jika Anda hanya sekadar sharing pendapat, sah-sah saja. Tapi, hindari mencantumkan lokasi tempat tinggal pada akun Anda, terutama jika ditambah keluh kesah Anda yang tengah sendirian di tempat tinggal tersebut. Kebiasaan Anda bisa saja menimbulkan aksi kejahatan seperti pencurian.

Saparinah Mumpuni

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini