Sukses


7 Khasiat Alkohol sebagai Pembersih di Rumah

Alkohol dikenal korosif, sehingga jarang digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Padahal, zat ini ampuh juga untuk membantu bersihkan rumah.

Liputan6.com, Jakarta Alkohol termasuk zat yang bersifat korosif sehingga tak banyak yang memanfaatkannya untuk membersihkan rumah. Meski demikian, bukan berarti zat ini tidak bisa dimanfaatkan.

Dilansir dari laman www.rumah.com jenis alkohol yang bisa digunakan sebagai cairan pembersih adalah yang mengandung 70% isopropila atau etanol dan 30% air suling. Isopropilia sendiri merupakan pelarut yang bertugas melarutnya kotoran dan minyak. Selain itu, juga bersifat desinfektan (mencegah infeksi).

Nah, setelah kita mengetahui kandungan alkohol tadi, kira-kira apa ya yang bisa dibersihkan oleh alkohol? Berikut ulasannya.

1. Sebagai desinfektan Anda sendiri

Seperti dijelaskan sebelumnya, alkohol bersifat desinfektan, tentu bisa dimanfaatkan juga untuk membersihkan peralatan seperti furnitur berbahan besi dan juga perhiasan pribadi Anda seperti gelang dan anting.

Caranya campur alkohol dengan air dengan perbandingan 1:1 ke dalam botol semprot atau botol lainnya. Artinya, jika Anda menuangkan 100ml alkohol ke dalam botol semprot, tuangkan juga air dengan jumlah yang sama.

Selanjutnya, semprotkan cairan alkohol pada area yang menurut Anda mengandung kuman. Atau, langsung saja tuangkan pada kapas dan gosokkan ke permukaan yang Anda inginkan.

2. Pembersih stainless steel

Alkohol juga bisa membersihkan peralatan berbahan stainless steel. Misalnya tempat cuci piring atau kompor gas. Bisa juga untuk lemari es dan beberapa peralatan makan seperti sendok dan garpu.

Selain dapat membersihkan kuman, alkohol juga bisa menghilangkan sidik jari yang menempel di bahan stainless steel tadi.

3. Menghapus sisa hair spray pada cermin dan ubin

Khusus bagi Anda yang kerap menggunakan hair spray, biasanya sisa semprotan menempel di cermin dan ubin. Nah, untuk menghilangkan sisa semprotan tadi, Anda bisa menggunakan cairan alkohol yang dituangkan melalui kapas atau kain. Cara ini cukup ampuh menghapus noda yang lengket.

4. Menjadikan spons dan kain lebih tampak baru

Jika Anda hendak membuang spons pencuci piring karena kondisinya yang tidak layak, sebaiknya Anda urungkan niat tersebut. Sebab, spons yang usang bisa disulap tampak baru.

Begitu juga bahan kain yang sudah lama. Keduanya akan kembali tampak baru dengan cairan alkohol.

Caranya, tuang alkohol dalam mangkok kecil, kemudian rendam spons. Tapi, jangan terlalu lama, kira-kira 10 menit. Bahan spons akan mengembang dengan sendirinya. Kemudian, angkat, dan bilas.

Hal sama juga berlaku untuk bahan kain. Namun, jika ukurannya terlalu besar, Anda bisa menggunakan bejana yang sedikit besar, yang bisa merendam kain.

5. Membersihkan perhiasan

Alkohol tidak hanya membersihkan tetapi juga terbebas dari bakteri dan kuman, tetapi ini juga untuk furnitur berbahan kuningan seperti figura atau hiasan.

6. Membersihkan noda pada sofa

Jika selama ini Anda kebingungan untuk menghilangkan noda pada sofa mahal, kini Anda tidak perlu risau. Cobalah menggunakan cairan alkohol untuk membersihkannya.

Caranya, semprotkan cairan alkohol pada bagian sofa yang terkena noda. Kemudian, sikat menggunakan penyikat yang kering. Setelah itu, gunakan kain kering untuk mengeringkannya.

 

Salah satu tempat ‘singgah’ kuman dan bakteri di rumah adalah pada perangkat keras komputer seperti keyboard dan mouse. Ini juga berlaku pada laptop.

Sebab, besar kemungkinan untuk berganti tangan untuk menggunakannya, maka semakin besar juga peluang kuman bakteri berpindah tangan.

Selamat mencoba!


Foto: bobvila.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.