Sukses


Genjot Penjualan, CitraMitra City Andalkan Kawasan Wisata

CitraMitra City membangun pusat rekreasi keluarga terbesar di Banjarbaru, Kalimantan Selatan...

Liputan6.com, Banjarbaru Perumahan yang dilengkapi destinasi wisata—seperti waterpark atau kawasan kuliner—memiliki nilai plus. Tidak hanya akan menaikkan angka penjualan rumah, tetapi juga akan menanamkan citra di masyarakat sebagai tujuan wisata yang berkesan.

Menyusul beberapa perumahan di Jabodetabek, CitraMitra City, Banjarbaru, Kalimatan Selatan juga mengusung konsep yang sama. Perumahan besutan Ciputra Group yang dikembangkan di atas lahan sekitar 200 hektar ini juga membangun pusat rekreasi keluarga terbesar di Banjarbaru. Salah satunya Food Village yang mengandalkan Pasar Apoeng: pasar terapung di atas danau pertama di Kalimantan Selatan.

Hendry Nurhalim, Direktur Grup Ciputra mengatakan, sejak dibuka akhir 2015, perumahan ini mulai dikunjungi banyak orang. Tidak hanya masyarakat Banjarmasin dan sekitarnya, bahkan pengunjung dari luar Pulau Kalimantan pun datang ke sini.

“Awalnya penasaran hanya ingin melihat, tetapi setelah berada di sana, mereka menemukan satu suasana berada. Sebab julukan Kota Banjarmasin sebagai ‘Kota Seribu Sungai’ yang lekat dengan ikon pasar terapungnya, hadir dalam nuansa berbeda,” jelasnya seperti dinukil dari Rumah.com, Jumat (8/4).

Jika Pasar Terapung Lok Baintan dan Pasar Terapung Sungai Martapura, jelas Hendry, transaksinya dilakukan di atas sungai. Barang yang dijual pun umumnya hasil pertanian dan perkebunan, serta kebutuhan rumah tangga. Sementara, Pasar Apoeng CitraMitra City lebih banyak menawarkan kuliner khas Banjarmasin, karena ini merupakan tempat rekreasi keluarga.

Sementara itu, praktisi pemasar properti, Tirta Setiawan, memuji strategi CitraMitra City ini. Pasalnya, belum ada perumahan di Banjarmasin—bahkan mungkin di Kalimantan—yang memikirkannya.

Menurutnya, sesuatu yang baru akan merebut perhatian masyarakat, karena membuat mereka penasaran. Bila sukses, nilai investasi properti akan turut terangkat.

“Saya prediksi, kalau perumahan ini konsisten mengembangkan lebih banyak sarana wisata keluarga, maka akan banyak keluarga, terutama anak-anak dan para ibu yang ingin tinggal sana. Fakta membuktikan, fasilitas seperti ini, terutama yang sudah menjadi ikon, sangat diminati. Saya kira, dua hingga tiga tahun lagi perumahan ini akan banyak penghuni, karena (fasilitas ini) menyangkut gengsi penghuninya,” jelas Tirta.

Dongkrak Penjualan
Selain Pasar Apong, tutur Hendry, CitraMitra City juga membangun Taman Origami yang banyak dikunjungi anak-anak dan pelajar. Dia mengatakan, beradaan Pasar Apoeng dan Taman Origami turut mengangkat penjualan rumah di CitraMitra City.

“Di kuartal pertama 2016 ini, penjualan meningkat 20% dibanding tahun sebelumnya. Masyarakat yang datang menjadi marketing yang baik, sehingga menarik orang untuk tinggal di sini. Ke depan masih banyak fasilitas wisata keluarga yang akan kami kembangkan,” kata Hendry.

Dia menuturkan, CitraMitra City dapat dicapai dalam waktu 15 menit dari Bandara Syamsudin Noor. Di samping itu, lokasinya pun cukup strategis, yakni di seberang perkantoran baru Gubernur Kalimatan Selatan, yang menjadi pusat pemerintah, sekaligus ibukota baru provinsi Kalimatan Selatan.

“CitraMitra City terdiri dari 10 distrik residensial eksklusif, yang didesain dengan konsep private cluster, one gate system, dan rumah tanpa pagar. Ke depan, perumahan ini akan dilengkapi dengan fasilitas waterpark, rumah sakit, sekolah, family clubhouse, commercial area yang terdiri dari shophouses, office, business park, hotel, apartemen, dan convention center,” pungkas Hendry.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini