Sukses


Lakukan Cara Ini, Debu di Rumah Pun Berkurang

Tanpa disadari, debu yang berlebihan di rumah dapat membuat anggota keluarga menjadi rentan terhadap penyakit.

Liputan6.com, Jakarta Tanpa disadari, debu yang berlebihan di rumah dapat membuat anggota keluarga menjadi rentan terhadap penyakit. Meskipun sudah dibersihkan berulang-ulang, namun rasanya debu selalu kembali datang menghampiri.

Sebenarnya, ada cara mudah untuk mengurangi debu di dalam rumah. Dinukil dari Rumah.com, simak tips mengurangi debu berikut ini.

1. Menyimpan Pakaian

Bahan kain seperti pakaian, taplak meja, tirai, dan lain-lain bisa menjadi sumber utama timbulnya debu, karena memiliki banyak serat-serat kecil. Untuk mencegah pakaian dihinggapi debu, simpan pakaian dalam kontainer plastik dan letakkan baju yang jarang dipakai dalam pembungkus khusus untuk pakaian.

2. Cuci Seprai dan Sarung Bantal

Kulit yang mengelupas dalam periode tertentu juga bisa menjadi sumber debu. Oleh karena itu, untuk mengurangi, cuci seprai dan sarung bantal setiap minggu. Jangan lupa menepuk-nepuk selimut dan tempat tidur agar debu tidak melekat.

3. Gunakan Lap Basah

Untuk membersihkan debu, gunakan lap basah atau lap kain berbahan elektrostatis. Jangan hanya mengelap dengan kain kering biasa, karena akan membuat debu berpindah tempat.

4. Bersihkan Karpet

Jika rumah Anda menggunakan tikar atau karpet, bersihkan sesering mungkin, karena karpet biasa menjadi tempat debu menempel. Sehari-hari, Anda bisa menggunakan pengisap debu atau menepuk-nepuknya agar debu hilang.

5. Bersihkan Sofa

Setiap minggu, bersihkan sofa dan kursi Anda menggunakan pengisap debu dan jemur dalam periode tertentu. Pukul-pukul menggunakan raket tenis atau raket dari rotan untuk menghilangkan debu. Jika memungkinkan, lepas pembungkus sofa dan cuci menggunakan deterjen atau sabun cuci.

6. Periksa Dekorasi Rumah

Hal-hal lain yang dapat mengundang debu di rumah adalah barang dekoratif seperti koleksi keramik, patung, atau buku-buku yang tidak terpakai. Perhatikan lagi barang-barang yang ada di rumah, apakah Anda benar-benar memerlukannya?

7. Gunakan Keset

Letakkan keset tepat di depan pintu rumah. Pastikan seluruh anggota keluarga selalu membersihkan kakinya sebelum masuk ke rumah. Cara yang lebih baik adalah dengan memastikan mereka membuka sepatu sebelum masuk rumah.

8. Ganti Kain Tirai

Jika saat ini Anda masih menggunakan tirai untuk penutup jendela ganti dengan bahan plastik, besi, ataupun kayu untuk mengurangi timbulnya debu.

9. Gunakan Air Purifier

Air Purifier (pemurni udara) dapat membantu menyaring partikel kecil di udara untuk mencegah gejala alergi dan asma bagi penghuni rumah. Perlu diingat, alat seperti ini hanya dapat digunakan untuk ruangan kecil. Jika Anda ingin memastikan kebersihan udara di rumah, pasang air purifier di setiap ruangan.

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.