Sukses


Enam Ide Kreatif Menggunakan Kait dan Perekat

Perekat, baik yang berbentuk pita ataupun kait, bisa jadi alternatif terbaik untuk mengganti paku.

Liputan6.com, Jakarta Dinding rumah yang kosong dapat tampil lebih hidup dengan pajangan foto atau lukisan. Tetapi memaku dinding untuk menggantung benda-benda ini sering kali malah dapat menyebabkan kerusakan. Apalagi jika Anda tinggal di rumah kontrakan atau apartemen sewa, hampir pasti memaku dinding tak bisa dilakukan seenaknya.

Perekat, baik yang berbentuk pita ataupun kait, bisa jadi alternatif terbaik untuk mengganti paku. Selain untuk memasang hiasan dinding, perekat ini juga bisa digunakan untuk berbagai keperluan lain di rumah.

Dilansir dari Rumah.com, berikut beberapa ide yang mungkin bisa menginspirasi Anda dalam memanfaatkan perekat-perekat ini:

1. Memajang Gambar atau Lukisan

Gambar dan scrabble (apartmenttherapy.com) 

Anda bisa menempelkan gambar, foto, atau lukisan, dengan merekatkannya langsung pada dinding menggunakan pita perekat. Tetapi cara ini bisa saja merusak gambar tersebut tatkala dilepas atau dipindahkan.

Untuk menghindari kerusakan semacam ini, Anda bisa memanfaatkan tempat huruf yang biasa digunakan dalam permainan scrabble untuk dijadikan pijakan. Tinggal rekatkan saja tempat huruf tersebut pada dinding, kemudian taruh foto atau lukisan Anda di atasnya.

2. Memasang Tangkai Gorden

Kait perekat cukup efektif juga untuk memasang tangkai gorden. Tetapi Anda perlu memperhitungkan kekuatan kait tersebut. Jika ternyata kait yang Anda pilih tidak cukup kuat, atau gorden Anda memang terbuat dari bahan yang terlalu berat, hasilnya tentu sudah bisa ditebak: gorden itu akan segera terjun bebas.

3. Memasang Bantalan Kursi

Bantalan kursi (apartmenttherapy.com) 

Bantalan pada kursi makan kayu sering kali bergeser saat diduduki. Kejadian seperti ini tentu membuat acara makan menjadi kurang nyaman.

Saat ini sudah cukup banyak bantalan kursi yang disertai tali untuk diikatkan pada sandaran kursi. Tapi jika bantalan kursi Anda tidak dilengkapi tali semacam ini, pita perekat bisa membantu Anda untuk membuatnya diam di tempatnya.

4. Mendekorasi Kepala Tempat Tidur

Bosan dengan kepala tempat tidur (headboard) yang polos dan telanjang? Anda bisa mencoba mendekorasinya dengan membungkuskan kain bermotif menawan pada kepala ranjang tersebut dengan bantuan pita perekat. Apalagi jika ranjang Anda terbuat dari besi, cara ini sangat efektif dan mudah dilakukan.

5. Memasang Nampan Logam pada Dinding

Nampan logam (apartmenttherapy.com) 

Jika Anda atau si kecil menyukai mainan-mainan bermagnet seperti yang biasa kita tempelkan pada pintu kulkas, Anda dapat mencoba ide ini. Tempelkan nampan logam pada dinding dengan menggunakan pita perekat. Dalam sekejap, Anda sudah memiliki papan bermain yang tentunya juga mengasyikkan bagi si kecil.

6. Memasang Magnet di Dinding

Magnet di dapur (apartmenttherapy.com) 

Ide terakhir ini mungkin jarang terpikirkan. Tapi Anda bisa mencoba menempelkan magnet batang pada dinding di dapur Anda.

Gunanya untuk menaruh pisau atau gunting agar tak berserakan di sembarang tempat. Selain membuat alat-alat tersebut tak mudah hilang, cara ini juga aman, karena dapat mencegah mereka sampai ke tangan si kecil tanpa Anda sadari.

Nah, itulah beberapa ide brilian yang bisa Anda coba di rumah. Agar penggunaan perekat sesuai dengan yang diharapkan, Anda harus memerhatikan beberapa hal.

Misalnya, pastikan bahwa produk perekat yang Anda pilih cukup kuat untuk menahan bobot benda yang akan dipasang. Selain itu, pastikan juga permukaan yang akan dipasangi perekat benar-benar bersih dari debu dan kotoran.

Selamat mencoba!

Astrid Septriana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini