Sukses


Lakukan Hal Ini, Tinggal di Rumah Jadi Lebih Menyenangkan

Sebenarnya ada banyak aktivitas simpel dan kebiasaan kecil yang bisa dilakukan untuk menyulap rumah jadi tempat yang lebih menyenangkan.

Liputan6.com, Jakarta Home sweet home. Tidak ada tempat senyaman rumah. Tapi bagaimana jika tak ada aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan di rumah atau jika pekerjaan rumah terlalu banyak? Bagaimana pula jika rumah terasa tak pernah rapi, berantakan, dan bikin tak betah?

Banyak orang yang akan memilih bepergian ke luar rumah untuk mencari kesenangan dan menyegarkan pikiran. Entah jalan-jalan ke mal atau ke tempat rekreasi.

Namun sebenarnya ada banyak aktivitas simpel dan kebiasaan kecil yang bisa dilakukan untuk menyulap rumah jadi tempat yang lebih menyenangkan.

Berikut beberapa ide yang dilansir dari Rumah.com, Rabu (6/4):

1. Rapikan Tempat Tidur Setiap Pagi

Terlebih di dalam ruangan yang tidak terlalu luas, tempat tidur yang berantakan akan membuat Anda merasa capek. Bahkan ketika pulang dari kerja dan amat kelelahan, suasana “antah-berantah” ini akan membuat Anda enggan untuk beristirahat dengan tenteram dan nyaman. Akhirnya, mood pun gampang rusak.

Merapikan tempat tidur sebelum beraktivitas juga akan membantu Anda memulai hari dengan menyenangkan. Juga membuat Anda merindukan rumah sehabis bekerja.

2. Bersihkan Peralatan Makan Setelah Menggunakan

Seperti ide yang pertama, segera mencuci piring, gelas, dan perkakas makan lain yang habis digunakan juga cara yang efektif untuk membuat waktu santai di rumah lebih menyenangkan. Bayangkan di kala beristirahat, Anda masih harus memikirkan piring-piring kotor yang menumpuk. Tentunya istirahat Anda tak akan terasa seratus persen manfaatnya.

3. Taruh Semua Barang pada Tempatnya

Mulailah membiasakan diri untuk mengembalikan barang-barang yang tercecer ke tempatnya, sembari Anda berlalu lalang dari ruang ke ruang di dalam rumah. Kebiasaan ini akan membuat segala sesuatu berada di tempatnya masing-masing.

Dengan begini Anda akan benar-benar memiliki waktu untuk menikmati apa yang sedang ingin Anda kerjakan, tanpa harus terusik oleh barang-barang yang berantakan.

Ketika Anda sibuk ngobrol di telepon, itu adalah waktu yang tepat untuk melakukan kebiasaan ini. Karena ketika asyik menelepon, “tanpa sadar” biasanya Anda berjalan mengelilingi ruangan tanpa maksud, memain-mainkan pena, mengunyah camilan “tanpa sengaja”, atau melakukan hal-hal lain yang tak bermakna.

4. Gantungkan Kunci di Belakang Pintu

Di antara benda-benda penting, kunci pintu rumah termasuk salah satu yang paling sering hilang atau lupa di mana menaruhnya. Agar kunci tak lagi raib tanpa jejak, Anda bisa menggantungkannya di balik pintu.

Hal ini efektif, terutama untuk pintu depan, karena pintu kamar biasanya sudah dipasangi gantungan baju. Dengan cara ini, Anda akan selalu sigap jika harus cepat-cepat membuka pintu.

5. Simpan Seprei dan Sarung Bantal di Bawah Kasur

Barangkali hal ini jarang terpikirkan. Namun menyimpan seprei dan sarung bantal di bawah kasur sebenarnya ide yang boleh dicoba. Anda tinggal melipat dan menaruhnya di sana. Cara ini akan membantu Anda menghemat ruang di dalam lemari.

6. Pulang ke Rumah, Masukkan Sisa Uang ke Dalam Stoples

Ide terakhir ini barangkali tidak ada hubungan langsung dengan cara membuat betah di rumah. Tapi jika suatu hari kantong Anda sedang “rata”, recehan di dalam stoples akan menjadi hiburan kecil yang bisa membuat benak Anda kembali ringan.

Astrid Septriana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.