Sukses


Trik Menyiasati Ruang Makan Mungil

Bagi Anda yang memiliki rumah dengan ukuran yang terbatas mungkin akan mengalami kesulitan dalam membuat ruang makan lapang...

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang memiliki rumah dengan ukuran yang terbatas mungkin akan mengalami kesulitan dalam membuat ruang makan lapang yang kerap digunakan untuk tempat berkumpul seluruh anggota keluarga.

Ruang makan yang kecil memang sering mengganggu kenyamanan. Namun ada cara yang dapat dilakukan agar ruang makan terasa lapang dan cozy.

Simak 10 tips dari Rumah.com untuk menyiasati ruang makan mungil Anda:

1. Gunakan Cermin

meja makan - gunakan kaca (decoholic.org)

Cermin dapat membuat ruangan tampak lebih luas. Apalagi jika Anda menutupi seluruh dinding dengan cermin berukuran besar dan meletakkan meja bersebelahan dengan dinding cermin tersebut.

2. Gunakan Meja Makan Rendah

meja makan - gunakan meja makan rendah (decoholic.org)

Pilih kursi dan meja yang tidak terlalu tinggi untuk ruang makan. Dengan begini, ruang makan akan terasa lebih luas karena tidak menghalangi pandangan di dalam ruangan. Selain itu, desain ini akan memberikan kesan modern di rumah. Anda juga bisa menggunakan sofa memanjang dibandingkan kursi biasa untuk menghemat ruang lebih banyak.

3. Gunakan Furnitur Minimalis

Kursi tanpa pegangan sangat baik untuk digunakan di ruang makan yang kecil, dimana kursi biasa menghabiskan terlalu banyak tempat.

4. Perhatikan Bentuk Meja Makan

meja makan - bentuk meja makan (decoholic.org)

Untuk ruang makan yang kecil, gunakan meja berbentuk oval untuk membuat ruangan tampak menjadi lebih lega dan fleksibel. Hindari penggunaan meja berbentuk lingkaran karena akan membatasi ruang gerak Anda di sekitar meja makan.

5. Gunakan Chandelier

meja makan - chandelier (decoholic.org)

Penggunaan chandelier atau lampu gantung dapat memberikan kesan elegan dan mewah secara instan di ruang makan Anda. Namun, tetap perhatikan ukuran diameter dari lampu gantung tersebut. Jika terlalu besar atau kecil dan memiliki warna yang kuat, dapat membuat ruangan menjadi tidak seimbang, begitupun juga jika terlalu kecil.

6. Utamakan Fungsi

meja makan - utamakan fungsi  (decoholic.org)

Dengan ruangan yang terbatas, sangatlah penting untuk memaksimalkan penggunaan ruangan makan. Gunakan meja tambahan atau perluas ruang makan ke ruangan lain bila ada acara tertentu yang lebih besar.

7. Gunakan Bahan Transparan

Bahan transparan seperti akrilik atau kaca untuk kursi dan meja makan dapat membuat ruang makan menjadi lebih luas dan lebih cerah secara instan.

8. Pemilihan Warna

Warna yang cerah, termasuk putih dapat memberikan pencahayaan alami ke ruang makan. Namun jika Anda menyukai warna-warna yang lebih gelap, tambahkan aksesori berwarna terang. Anda juga bisa menggunakan warna monokrom seperti hitam dan putih.

9. Atur Pencahayaan Alami

Salah satu cara lain untuk membuat ruang makan yang kecil menjadi lebih nyaman adalah dengan memberikan tempat agar cahaya matahari bisa masuk ke dalam ruangan. Gunakan tirai ringan dan transparan sehingga cahaya selalu bisa masuk ke dalam ruangan.

10. Gunakan Trik Scandinavian

meja makan - skandinavia (decoholic.org)

Furnitur ala Scandinavian mengedepankan keseimbangan dan kesederhanaan. Dengan komponen yang alami serta warna yang ringan, dapat membuat ruangan terasa lebih luas dan terang.

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini