Sukses


Buat Sendiri Pembersih Alami Lantai Kayu

Ternyata merawat lantai kayu atau parket terbilang mudah. Jika khawatir menggunakan bahan kimia sebagai cairan pembersih, mengapa tidak mera

Liputan6.com, Jakarta Lantai kayu atau sering disebut juga sebagai parket adalah opsi material yang banyak diminati karena dapat menghadirkan nuansa hangat dalam ruangan. Berbeda dengan lantai keramik atau batu alam, lantai kayu juga bisa menawarkan kesan time less.

Parket terdiri dari dua jenis material, yaitu kayu solid dan kayu olahan. Jika Anda memilih lantai jenis ini untuk menghias rumah, ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari parket.

Kelebihannya, lantai kayu terbilang awet dan berumur panjang, tahan rayap dan perawatannya juga mudah. Namun seiring dengan perubahan suhu, pemuaian dan penyusutan kerap mengubah jarak antar parket.

Cara mengembalikan kerapatan ini bisa dilakukan dengan mengisi celah renggang tersebut dengan gap filter.

Untuk perawatan sehari-hari, Anda tidak perlu membeli bahan kimia untuk membersihkan noda yang ada di permukaannya.

Selain bisa merusak warna dan tekstur kayu karena material lilin yang dikandungnya, dampak obat kimia juga perlu Anda perhatikan demi kesehatan anggota keluarga.

Daripada Anda menghabiskan banyak uang untuk membeli pembersih lantai kayu, ternyata ada beberapa bahan alami yang ampuh membersihkan noda di permukaan lantai, dikutip dari Rumah.com

Bahan-bahan yang dibutuhkan: pertama, 60 ml jus lemon, kemudian 90 ml minyak zaitun, dan 2 liter air panas. Takaran ini mungkin akan berbeda sesuai dengan luas lantai yang Anda miliki.

Langkah pertama, siapkan baskom atau ember yang cukup besar untuk menjadi wadah pembersih.

Kemudian campurkan air panas dengan perasan air jeruk lemon. Ini adalah trik umum dimana campuran antar keduanya bisa menjadi antiseptik alami lantai Anda.

Setelah itu tumpahkan minyak zaitun kedalam larutan pembersih. Minyak zaitun berfungsi untuk membuat lantai kayu Anda kembali berkilau alami.

Kombinasi antar dua bahan natural tersebut dengan air panas adalah campuran yang pas untuk membasmi noda.

Mulai bersihkan area yang diinginkan. Lakukan percobaan awal pada satu area terlebih dulu untuk memastikan Anda puas dengan cara kerja larutan tersebut. Setelah itu baru bersihkan lantai kayu secara keseluruhan. Pastikan Anda mengelap lantai dengan rata menggunakan larutan pembersih tersebut.

Terakhir, biarkan lantai mengering dengan sendirinya. Anda tidak perlu membilas lantai dengan air atau apapun. Setelah kering, Anda harus berhati-hati dalam melangkah karena lantai bisa menjadi cukup licin pada awalnya.

Namun, wangi segar dan tampilan kinclong lantai akan menjadi bonus Anda setelah melakukan proyek bersih-bersih ini! Artikel ini dikutip dari Homedit.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.