Sukses


13 Langkah Membuat Kursi Outdoor Tampak Baru

Pusing karena kursi outdoor Anda rusak, sementara Anda belum memiliki budget untuk menggantinya dengan yang baru?

Liputan6.com, Jakarta Pusing karena kursi outdoor Anda rusak, sementara Anda belum memiliki budget untuk menggantinya dengan yang baru?

Jika iya, Anda tidak perlu khawatir. Kerusakan yang terjadi pada kursi outdoor berbahan aluminium bisa jadi disebabkan paparan sinaran matahari dan air hujan. Sehingga, pada kerangka kursi terlihat goresan hingga berkarat. Sedangkan pada tali vinyl kerusakan terlihat dari kelonggaran, hingga memudarnya warna tali.

Kursi yang mengalami tanda-tanda kerusakan tadi ternyata tidak perlu langsung disikapi dengan menggantinya dengan yang baru. Anda bisa memperbaiki dan menyulapnya menjadi tampak baru kembali. Bagaimanakah caranya?

Dikutip dari www.rumah.com dijelaskan 13 langkah memperbaiki kursi outdoor yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

1. Ukur bagian kursi yang ingin Anda ganti

tahap 1
Langkah pertama adalah mengukur bagian pada kursi yang ingin Anda ganti. Misalnya mengukur rangka kursi. Namun sebelumnya Anda harus melepas dahulu cover kursi. Cara untuk mengukur dapat dilakukan dari pusat dari satu garis rangka ke sisi rangka yang berlawanan. Apabila ingin mengukur panjang Anda bisa gunakan pita ukur kain sepanjang permukaan.

2. Buang sandaran yang sudah usang atau rusak

tahap 2
Sandaran dan tempat duduk yang sudah usang tadi bisa Anda gunting menggunakan cutter.

3.Bersihkan semua sling yang sudah rusak

tahap 3
Ketika sling dipotong, Anda bisa langsung melepasnya sampai tidak tersisa. Hal itu bertujuan untuk memudahkan Anda memasang menggunakan material sling yang baru. Cara yang bisa dilakukan untuk melepas sling usang, Anda bisa menariknya dari sisi kiri rangka kursi, kemudian tarik.

4. Pasang yang baru.

tahap 4
Pada gambar ini terlihat rangka kursi sudah dalam keadaan bersih dari sling yang usang. Nah, ketika sudah seperti itu, Anda bisa memasang bagian cover kursi pada satu sisi rangka kursi.

5. Pasang kembali material cover sling pada sisi rangka kursi

tahap 5
Hal yang dilakukan pada langkah keempat juga Anda terapkan pada sisi rangka kursi yang lain.

6. Atur ujung sisi rangka kursi

tahap 6
Pada fase ini Anda harus mengatur kembali rangka kursi yang sudah terpasang cover. Untuk membuatnya jadi tegak, Anda bisa menggunakan penjepit pipa.

7. Pangkas bagian kawat kursi

tahap 7
Memangkas kawat pada rangka kursi bisa menggunakan tang. Hal ini penting untuk Anda lakukan agar tidak melukai yang akan duduk.

8. Untuk mengganti material tali vinyl

tahap 8
Sama halnya dengan mengganti cover kursi sebelumnya, pada saat Anda mengganti tali vinyl, Anda juga harus mengukur terlebih dahulu. Kali ini Anda bisa menggunakan tali tambang sebagai acuan panjang rangka yang nanti akan disesuaikan dengan panjang tali vinyl.

9. Pasang ujung tali vinyl menggunakan lem perekat

tahap 9
Sebelum tali vinyl dipasang, sebaiknya ujung tali direndam dahulu kira-kira 10 menit pada air panas. Kemudian diamkan sekitar 1 menit. Setelah itu, kaitkan ujung tali menggunakan lem perekat atau bisa juga menggunakan alat heat gun.

10. Rekatkan tali vinyl seperti sabuk

Rekatkan tali vinyl seperti membuat sabuk pada sisi rangka kursi yang sudah bersih dari karet penutup lobang rangka.
Rekatkan tali vinyl seperti membuat sabuk pada sisi rangka kursi yang sudah bersih dari karet penutup lobang rangka.

11. Regangkan tali vinyl

tahap 11
Setelah ujung tali dirasa sudah kuat atau tidak akan lepas, Anda bisa langsung meregangkan tali menuju sisi rangka kursi lainnya.

12. Cat kembali goresan pada kursi

tahap 13
untuk menghilangkan goresan pada kursi, Anda bisa menggunakan sedikit cat khusus alumunium yang tahan karat menggunakan kuas kecil.

13. Perhatikan perawatan kursi

tahp 14
Setelah semua vinyl terpasang pada kursi, hal yang harus Anda lakukan adalah merawatnya. Cara untuk merawatnya bisa menggunakan cairan pembersih piring. Anda bisa mengelap rangka dan vinyl kursi sebulan sekali. Apabila memasuki musim hujan, sebaiknya Anda menutup kursi menggunakan plastik.

Foto: thisoldhouse.com

Feature picture: pixabay.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini