Sukses


Bran Castle, Kastil Drakula yang Dijual 864 M

Bagi Anda yang pernah membaca novel Count Dracula karya Bram Stoker, Bran Castle adalah hunian nyata yang dikisahkan sebagai kastil drakula.

Liputan6.com, Jakarta Punya tempat tinggal di tengah perkotaan atau pemukiman padat penduduk mungkin sudah umum kita jumpai. Coba bayangkan jika Anda tinggal di sebuah kastil yang letaknya berada di tengah hutan, ditambah lagi kastil tersebut memiliki mitos sebagai “rumah drakula.” Tentu Anda akan merasakan sensasi yang berbeda.

Bukan impian lagi, Anda bisa menempati sebuah kastil bersejarah bernama Bran Castle di kawasan Transylvania, Rumania. Berlokasi terletak di tepi jurang yang lebat, para pecinta alam pasti akan betah tinggal di hunian yang menawarkan ekstra privasi ini.

Bran Castle illuminated in rural landscape, Bran, Brasov, Romania

drakula2

Sementara itu, bagi Anda pecinta cerita horror Drakula, mungkin fasad kastil ini terlihat familiar. Di buku novel “Count Dracula” karya Bram Stoker tahun 1897, terdapat salah satu kastil drakula yang deskripsinya terinspirasi dari kastil nyata Bran Castle.

Awalnya Bran Castle adalah benteng militer untuk menjaga pertahanan area Transylvania. Tidak heran kepemilikannya berganti-ganti di masa Perang Dunia. Mulai dari seorang Komunis ke Ksatria Teutonik lalu keluarga kerajaan Rumania pada tahun 2009.

drakula3

Setelah dipugar dan dikelola dengan baik, Bran Castle menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Rumania, dengan kunjungan kurang lebih 560.000 orang per tahun. Pengunjungnya mayoritas adalah penggemar cerita Drakula karangan novel Bram Stoker atau pelajar dan akademisi yang mengagumi bangunan bersejarah. Harga tiketnya cukup terjangkau, mulai dari EUR1,1 sampai dengan EUR7,8.

Akan tetapi, sang pemilik kini semakin tua dan ingin menjualnya kepada seseorang yang lebih muda untuk membantu melestarikan kastil ini terus menjadi objek wisata favorit. Pada tahun 2014, keluarga ini berusaha menawarkan kastil kepada Pemerintah Rumania dengan harga sekitar 47 juta Euro, atau sekitar USD66 juta namun belum menemukan keputusan yang berarti. 

Kini, kastil antik ini ditawarkan kepada pasar dengan harga USD66 Juta atau setara dengan Rp864 miliar (1USD=Rp13.100). Nilai investasi tersebut sebenarnya tidak berlebihan melihat kapasitas ruang dan nilai sejarah yang disimpan hunian ini. Terdiri dari 57 kamar tidur (tanpa saluran air), hunian ini dibangun pada tahun 1226 dan selesai pada tahun 1388.

Bagi Anda yang penasaran ingin tahu lebih banyak soal Bran Castle, kunjungi situs mereka di www.bran-castle.com.

Artikel ini dikompilasi dari Travelandleisure.com, bran-castle.com dan Dailymail.co.uk

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini