Sukses


Tips Manfaatkan Pipa PVC di Rumah

Sifatnya yang mudah dipotong, dicat, dilem, dan dibentuk, membuat PVC bahan yang sempurna bagi Anda penyuka DIY.

Liputan6.com, Jakarta Pipa PVC (polyvinyl chloride) adalah material yang mudah dicari. Umumnya pipa PVC digunakan sebagai saluran air atau penutup instalasi listrik.

Harganya yang terjangkau, serta sifatnya yang mudah dipotong, dicat, dilem, dan dibentuk, membuat PVC bahan yang sempurna bagi Anda penyuka DIY (do it yourself).

Disadur dari Rumah.com, berikut ini beberapa ide kreatif dalam memanfaatkan PVC sebagai tempat penyimpanan dan hiasan di rumah.

Tempat Pengering Rambut

Anda mungkin selama ini menyimpan pengering rambut dengan hanya menggulung kabelnya dan menaruhnya di lemari pakaian. Bila Anda ingin menaruhnya di tempat yang mudah diambil karena sering digunakan, gunakan pipa PVC dan warnai menggunakan cat semprot. Tempelkan pemberat di bagian bawah agar pipa dapat berdiri dengan stabil.

Tempat Syal atau Kerudung

Anda juga bisa menggunakan pipa PVC untuk menyimpan syal atau kerudung di lemari agar terlihat lebih rapi dan mudah diambil. Mungkin selama ini Anda hanya menumpuknya dan kesulitan untuk memilih syal atau kerudung yang sesuai dengan pakaian Anda hari itu.

Potong pipa PVC hingga beberapa bagian, tergantung banyaknya syal atau kerudung. Tatanan seperti ini juga bisa digunakan untuk menyimpan dasi.

Tempat Menyimpan Alat Tulis

Jika Anda atau anak-anak suka membuat karya seni atau kerajinan tangan, gunakan pipa PVC untuk menyimpan alat tulis dan perkakas agar terlihat rapi dan mudah untuk diambil.Selain untuk menyimpan peralatan tulis, desain pipa PVC seperti ini juga dapat digunakan untuk menyimpan peralatan make up seperti kuas.

Tempat Menyimpan Sepatu

Manfaatkan pipa PVC untuk menyimpan sepatu. Desain sesuai ukuran sepatu, Anda bisa mengecatnya dengan warna kayu agar terlihat lebih natural. Tempat penyimpanan seperti ini dapat menghemat tempat serta membuat koleksi sepatu Anda terlihat rapi.

Lampu Hias

Jika Anda memiliki jiwa seni, Anda dapat menyulap pipa PVC menjadi karya seni, seperti lampu hias. Caranya seperti berikut ini: gambar bagian pipa yang ingin dipotong dengan menggunakan spidol, kemudian potong sesuai garis. Masukkan lampu ke bagian bawah pipa dan ketika dinyalakan akan menimbulkan efek dramatis di ruangan Anda.

Atau jika ingin membuat yang lebih sederhana, buat lampu pipa PVC untuk di taruh di atas meja. Gunakan lilin LED untuk menambah efek dramatis ketika lilin tersebut dinyalakan di atas lampu.

Hiasan di Kamar Mandi

Pipa PVC juga bisa digunakan sebagai dekorasi di kamar mandi, tetapi mungkin Anda membutuhkan tenaga ahli untuk menginstalnya dengan baik. Gunakan pipa dengan ukuran berbeda agar dekorasi terlihat memukau.

Menyimpan Peralatan Makan

Anda bisa memanfaatkan pipa PVC untuk mengorganisir peralatan makan di ruang makan. Gunakan pot berbahan aluminium dan masukkan beberapa pipa sesuai kebutuhan.

(Mita Agustina)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.