Sukses


Langkah Mudah Ajak Hewan Peliharaan Pindah Rumah

Tiba saatnya untuk pindah rumah, tapi bagaimana mengajak hewan peliharaan Anda untuk ikut pindah dengan cara yang mudah?

Liputan6.com, Jakarta - Setelah proses panjang pembelian rumah pertama Anda dilalui, momen pindah rumah bisa menjadi hal yang sedikit merepotkan. Bukan hanya repot karena banyaknya barang bawaan yang harus dipindahkan.

Untuk Anda yang punya hewan peliharaan, teman kecil ini tentu akan butuh perlakuan khusus ketika pindah ke lokasi baru.

Mereka bisa saja mogok untuk bergerak meninggalkan tempat tinggalnya atau bahkan rewel dan mulai gusar ketika Anda bawa secara paksa.

Dikutip dari Rumah.com, artikel ini akan membantu Anda tiga langkah mudah memindahkan hewan peliharaan khususnya kucing atau anjing.

Sebelum pindah

Sebagai pemilik hewan yang baik, seharusnya Anda juga memikirkan apakah tempat tinggal baru Anda ramah dengan hewan peliharaan. Oleh karena itu sebelum pindah, coba tanyakan kepada diri sendiri beberapa pertanyaan berikut ini:

  • Apakah rumah baru Anda memiliki ruang yang cukup untuk tempat tinggal hewan peliharaan?
  • Apakah hunian Anda ramah ditempati hewan peliharaan, misalnya jika kucing Anda berada di belakang rumah, akankah dia aman dari hewan atau gangguan lainnya. Sebagai contoh tangga atau kolam renang yang bisa membahayakan mereka.
  • Apakah di sekitar hunian terdapat dokter hewan terkemuka yang bisa dipercaya merawat hewan peliharaan Anda di waktu darurat?


Ketika pindah

Tiba saatnya Anda harus mengemasi barang dan pindah ke rumah baru. Di hari tersebut, pastikan hewan Anda sedang dalam mood yang bebas stres dan aman dari gangguan benda berat yang akan diangkat ke dalam truk.

Jika hewan peliharaan Anda dipindahkan menggunakan mobil, pastikan mereka memiliki ruang yang bebas untuk bergerak dan nyaman untuk sepanjang perjalanan.

Untuk anjing, siapkan sebuah peti dan sabuk pengaman. Sementara untuk kucing dan burung, pastikan kandang mereka dipasang dengan kuat dan aman. Jika memungkinkan, Anda juga bisa menyertakan beberapa mainan favorit mereka di kotak kandang.

Sementara itu, jika rumah baru Anda terletak di lintas negara, Anda harus bekerjasama dengan penerbangan khusus yang dapat membawa hewan peliharaan bepergian.

Jika mereka terpaksa harus diletakkan di kargo bagian bawah pesawat, Anda harus mengkomunikasikan hal ini dengan dokter hewan Anda.

Setelah pindah

Hunian baru Anda tentu memiliki tata ruang dan perabot baru dengan nuansa yang jauh berbeda dengan rumah lama. Untuk itu, Para ahli merekomendasikan agar kucing tetap berada di rumah dalam waktu dua sampai tiga hari untuk beradaptasi. Biarkan mereka tetap di dalam rumah sebelum siap mengeksplorasi lingkungan di sekitar rumah.

Di sisi lain, Anjing sudah siap menjelajahi lingkungan baru keesokan harinya setelah pindah. Buat mereka nyaman dengan mendampingi berjalan-jalan ke taman terdekat yang ada di rumah.

Foto:Pixabay

(Isnaini/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.