Sukses


Ragam Jenis Rumput untuk Taman Rumah

Sebelum memilih jenis rumput untuk pekarangan rumah Anda, simak jenis-jenis rumput berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai salah satu bagian penting dari estetika hunian, taman kerap menghiasi tampilan depan rumah Anda.

Rata-rata rumah dengan tipe 36/72 memiliki tanah sisa sekitar 300cm × 300cm. Luas yang terbatas ini semestinya Anda manfaatkan untuk menghijaukan hunian. Setelah diberi tanaman pot dan pijakan kaki, hamparan rumput hias tentunya wajib masuk daftar "berkebun" Anda.

Merawat rumput hias bukan pekerjaan yang rumit, Anda cukup melakukan pemangkasan dan pemupukan secara berkala tanpa harus mengubah lanskap yang telah ada.

Setelah disemai oleh tukang kebun, benih rumput biasanya memerlukan waktu antara 5 sampai dengan 10 hari.

Soal pencahayaan dan kelembaban udara, hal ini bisa disesuaikan dengan kondisi lingkungan rumah Anda. Untuk memahami lebih lanjut mengenai jenis rumput yang pas untuk rumah Anda, simak artikel yang dikutip dari Rumah.com berikut ini seperti ditulis Sabtu (5/3/2016).

Rumput Gajah Lokal

Rumput Gajah sangat mudah ditanam dan harganya paling murah. Namun karena teksturnya yang kurang bagus karena ukuran helai daunnya yang besar dan kasar, rumput ini jarang digunakan untuk menghias taman. Kelebihannya, rumput gajah tahan pijakan kaki manusia dan dapat bertahan meskipun kekurangan air.

Rumput Gajah Mini

Gajah mini menjadi jenis rumput yang paling banyak dipilih untuk taman. Selain harganya yang terjangkau, perawatannya juga relatif mudah. Yang membedakanya dengan rumput gajah biasa adalah teksturnya lebih bagus dan lebih kecil.

Rumput ini mudah tumbuh dengan penyinaran matahari 50 persen, hanya memerlukan sedikit pupuk dan dipangkas sebulan sekali. Oh iya, rumput ini juga tahan terhadap pijakan kaki manusia, sehingga cocok di aplikasikan pada taman bermain anak-anak.

Rumput Gajah Mini Variegata

Berbeda dengan gajah mini, jenis Variegata memiliki campuran warna putih yang cukup banyak pada setiap helai daunnya. Dari sisi harga, Variegata sedikit lebih mahal daripada rumput gajah mini. Kelebihannya hampir mirip dengan gajah mini karena daunnya yang tidak cepat panjang sehingga perawatannya cukup mudah dan tidak perlu dipotong setiap bulan.

Rumput Jepang


Rumput Jepang menjadi pilihan favorit selanjutnya yang banyak dipilih oleh para developer menghias taman hijaunya. Rumput jenis ini memiliki bentuk yang rapi, helai daunnya kurus dan tumbuh rapat.

Meski begitu, memerlukan perawatan yang lebih banyak dibanding gajah mini. Seperti pemupukan urea dua kali sebulan, penyiraman secara rutin, pemangkasan sebulan sekali, sampai dengan pencahayaan yang cukup.

Rumput Peking

Jenis rumput yang satu ini hampir mirip dengan rumput Jepang. Yang berbeda, helai daunnya tumbuh lebih jarang dan teksturnya lebih lembut.

Tampilan yang rapi dan terkesan mewah membuat harganya relatif mahal. Soal perawatan, rumput Peking memiliki ketahanan cuaca yang baik di musim hujan. Rumput ini sempat menjadi idola sebelum tahun 2000.

Rumput Swiss

Rumput Swiss merupakan rumput paling halus dari semua jenis rumput. Tidak heran jika harganya paling mahal dan memerlukan perawatan ekstra.

Jika ingin memelihara rumput Swiss di pekarangan rumah, pastikan pencahayaannya minimal 80 persen, dipotong minimal sebulan sekali, dan diberikan pupuk urea.

Pastikan rumput ini berada di area kering, sebab di iklim lembab, rumput jenis ini tidak bisa tumbuh maksimal.

Rumput Golf


Rumput golf memang jarang digunakan untuk menghias taman di perumahan. Selain harganya yang mahal, perawatannya juga cukup rumit.

Rumput ini memerlukan penyinaran matahari 100 persen, dipotong minimal dua minggu sekali, serta tidak tahan diinjak.

Akan tetapi dibalik itu semua, rumput golf memiliki ukuran pendek yang menawan, sehingga sangat cantik untuk lansekap padang luas. (Isnaini K/Ahm)

Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar Mulai Pukul 06.00 - 09.00 WIB. Klik di sini 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini