Sukses

Apa Saja Fasilitas Favorit Perumahan Baru?

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda sedang mencari rumah baru untuk ditempati? Di antara banyaknya perumahan baru, biasanya developer menawarkan konsep yang berbeda antara satu dan lainnya.

Mulai dari bentuk arsitektur, sampai dengan tema dan slogan perumahan. Salah satu yang biasanya menarik calon pembeli adalah kehadiran fasilitas umum.

Fasilitas umum di dalam perumahan membuat penghuni merasa lebih nyaman di lingkungan tempat tinggalnya. Fasilitas umum ini bisa menjadi sarana bagi Anda membangun hubungan kekerabatan yang lebih akrab dengan tetangga di sekitar hunian.

Rumah di dalam klaster yang dilengkapi fasilitas juga memiliki nilai investasi yang lebih tinggi ketimbang perumahan biasa.

Lalu, fasilitas apa saja yang biasanya banyak terdapat di perumahan baru belakangan ini? Dikutip dari newhomesource.com dan Rumah.com, artikel ini akan mengulas beberapa pandangan dari ahli perumahan seperti ditulis Minggu (6/3/2016).

Fasilitas lingkungan favorit

Menurut studi dari perusahaan real estate Robert Charles Lesser & Co., pembeli rumah belakangan ini banyak yang mencari hunian yang memiliki area hijau dan jalur khusus untuk berjalan, berlari dan bersepeda (jogging track). J

adi, tidak mengherankan jika hampir semua perumahan baru menawarkan kedua fasilitas ini sebagai standar utama.

Faktanya, menurut studi tersebut, kedua fasilitas tersebut memang berada di urutan pertama dan kedua. Berikut ini urutannya:

  1. Taman dan ruang hijau
  2. Jalur khusus untuk berjalan, lari kecil (jogging) dan bersepeda
  3. Keberadaan sederet ruko dan kafe untuk berkumpul dan bersosialisasi
  4. Kolam renang outdoor yang didesain sebagai club house.
  5. Area olahraga seperti lapangan basket, lapangan futsal, atau bahkan pusat kebugaran


Taman hijau di perumahan Safira Town House Sukoharjo

Heather McCune, seorang arsitektur perencanaan dan desain interior menyampaikan tren perusahaan desain dan kontraktor kini tidak terbatas dalam membangun rumah saja, tetapi juga membangun lingkungan yang erat. Tidak heran jika beberapa fitur di atas banyak ditemui pada perumahan-perumahan baru kelas menengah dan atas.

Fasilitas ekstra


Kolam renang di Trevista Bekasi, perumahan seharga Rp500 jutaan.

Selain sejumlah fasilitas yang telah disebutkan di atas, Anda juga masih bisa menemukan fasilitas mewah lainnya untuk perumahan yang membidik rumah dari kalangan menengah atas.

"Belakangan ini fasilitas lingkungan yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Salah satu yang tengah tren di Florida adalah taman untuk hewan peliharaan," ucap Marshall Gobuty, developer dari Bradenton Florida.

Sementara itu di Tanah Air, fasilitas yang disesuaikan dengan hobi berolahraga seperti fasilitas pusat olahraga menjadi favorit.

Selain itu instalasi internet dan smarthome (rumah pintar) juga menjadi nilai tambah sebuah perumahan. Sebagai contoh bisa Anda lihat di Pasadenia Residence dan Pancanaka Green Leaf.

Contoh perumahan dengan fasilitas unik lainnya adalah klaster seharga Rp600 jutaan dengan kolam renang. Beberapa perumahan bahkan memiliki waterpark.

Fasilitas lain yang dianggap penting oleh konsumen, terutama bagi perumahan yang letaknya cukup jauh dari pusat bisnis atau pusat kota, adalah perumahan yang menyediakan fasilitas shuttle bus.

Dapat memperkuat kekerabatan masyarakat

Hal terakhir yang tidak kalah penting dari fasilitas umum adalah dapat memperkuat rasa kekerabatan antar satu sama lainnya.

"Sebuah perumahan yang memiliki fasilitas lengkap tentunya akan meningkatkan harga jual kembali," ucap Gobuty.

"Tapi, yang tidak kalah penting, fasilitas ini meningkatkan aktivitas luar ruangan yang menyenangkan dan kualitas hubungan yang baik dengan tetangga sekitar," ujar dia.

 

Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar Mulai Pukul 06.00 - 09.00 WIB. Klik di sini 

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Mau Rumah DP 0 Rupiah? Ini Pilihan Perumahannya!
Artikel Selanjutnya
Kini Anda Bisa Sombong Jika Punya Rumah di Cibinong