Sukses


Dekorasi Rumah Kreatif dari Dahan Pohon

Ingin membuat rumah terlihat cantik tanpa biaya besar? Coba buat sendiri dekorasi dari alam.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk menghias interior rumah, Anda tidak selalu membutuhkan biaya besar. Dengan sedikit niat dan kreativitas, Anda bahkan bisa membuat sendiri dekorasi dari alam. Salah satunya adalah dengan menggunakan ranting pohon.

Bentuknya yang meliuk-liuk membuat ranting pohon terlihat cantik. Untuk menambah kecantikannya, Anda bisa memberi warna natural atau memanfaatkan lautan peroksida agar ranting menjadi pucat warnanya.

Penasaran bagaimana cara mendaur ulangnya, simak artikel yang diadaptasi dari Countryliving.com dan Rumah.com seperti ditulis Kamis (3/3/2016).

Lampu gantung kayu

Untuk membuat lampu gantung yang dililit ke sebuah ranting pohon bercabang ini, Anda harus bisa menemukan cabang yang bagus.

Setelah dibersihkan dan memotong rapi setiap ujungnya, Anda tinggal menggantungkan beberapa bohlam pijar di setiap sisinya agar komposisinya seimbang.

Gantung dengan kabel listrik yang cukup kuat untuk membuat suasana nyaman pada kamar tidur atau meja makan Anda.

Pegangan tangga batang pohon

Meski pun agak sulit mencari batang pohon yang pas untuk pegangan tangga Anda, tapi usaha tersebut tidak akan sia-sia setelah melihat hasilnya yang unik. Untuk tangga lurus yang bergaya minimalis, batang pohon ini memberi sentuhan yang sangat berbeda pada rumah Anda.

Dahan lampu

Jika Anda melihat batang pohon yang memiliki bentuk melengkung ke samping, akan sempurna dijadikan sebagai penyangga lampu lantai. Tinggal menambahkan dahan kecil untuk memasang lampu pijar, maka lampu ini terlihat sangat pas menghias ruang baca atau kamar tidur Anda.

Karya seni

Ternyata, beberapa utas dahan kering tipis yang dikombinasikan sangat elegan dijadikan satu frame untuk pajangan karya seni. Tinggal membingkai di frame dan warna dasar putih, maka lukisan tiga dimensi ini siap memberi sentuhan alam pada di dinding rumah Anda. Berikan dua kombinasi warna untuk memberi kesan berbeda.

Ranting pohon gantungan kalung

Dahan-dahan pohon dari pepohonan kering di musim kemarau bisa disulap sebagai tempat menggantungkan aksesoris. Pilih aksesoris yang ringan seperti kalung dan gelang.

Biarkan menjuntai pada setiap dahannya. Hiasan ini sangat cantik bahkan diletakkan di samping wastafel kamar mandi.

Sentuhan bunga artifisial

Ini adalah salah satu cara mudah membuat hiasan bunga plastik dalam ruangan. Tinggal mencari ranting pohon dengan banyak cabang mengumpul di tengah, kemudian tempelkan bunga plastik/artifisial pada setiap ujungnya.

Letakkan bunga artifisial ini pada sebuah vas cantik dan letakkan di tengah meja makan Anda. Sangat mudah dan menyenangkan dilihat karena dibuat dari tangan Anda sendiri!

Pembatas Ruang

Bagi Anda yang menyukai suasana kelap kelip di dalam ruangan, coba buat pembatas ruang dengan hiasan dahan pohon. Bingkai dahan pohon tersebut pada frame pintu yang kosong. Selanjutnya, lilitkan lampu-lampu kecil di sepanjang dahan pohon dan pembatas ruang ini siap untuk digunakan.

Jika tak ingin dibingkai dengan frame pintu, mereka juga bisa diletakkan pada sudut ruangan dengan lebih dulu merangkainya pada sebuah vas.

Hiasan alam di kamar tidur

Buat sandaran kepala pada ranjang tidur Anda terlihat berbeda. Mudah saja, tinggal memasang beberapa dahan pohon kering bercabang. Ini adalah cara termudah untuk membuat nuansa pedesaan urban yang minimalis, tanpa harus menambah dekorasi dinding tambahan lainnya.

Gantungan jaket

Ternyata dahan pohon yang ujungnya dipotong sedikit bisa dimanfaatkan sebagai penggantung jaket atau mantel. Caranya mudah tinggal merangkai tiga atau empat dahan menjadi satu, kemudian digantung pada depan pintu Anda.

Rak pakaian

Selain menggantung lewat dahan, batang pohonnya juga bisa Anda manfaatkan secara vertikal untuk menggantung hanger pakaian. Jangan lupa untuk mensterilkan dahan pohonnya agar benar-benar bersih dan bebas dari rayap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini