Sukses


Cari Rumah di Bawah Rp 400 Juta di Bandung?

Di tengah harga tanah yang melonjak tajam di Bandung, ternyata masih ada harga rumah bekisar Rp 400 juta-an.

Liputan6.com, Jakarta - Kota Bandung kini identik sebagai gateway atau tempat liburan singkat, khususnya bagi warga Jabodetabek. Karena itu, tak heran jika Kota Bandung kini berkembang sebagai kawasan komersial untuk menunjang sektor pariwisata.

Sektor pariwisata alam banyak berada di Kabupaten Bandung, sementara di Kota Bandung lebih banyak menawarkan pariwisata belanja. Di Kota Bandung, Anda bisa menemukan banyak sekali factory outlet.

Untuk mengoptimalkan potensi pariwisata tersebut, pengusaha di Kota Bandung akhirnya banyak membangun hotel dan area komersil penunjang lainnya, seperti rumah makan dan lain-lain. Alhasil, harga tanah di Kota Bandung pun melambung kian tinggi.

Terutama jika dibandingkan dengan kondisi Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) Kota Bandung, yang ditetapkan sebesar Rp 2.626.940. Sedangkan harga rumah di Bandung Kota dibanderol mulai dari Rp  600 juta-Rp 100 miliar.

Dikutip dari www.rumah.com, Harga yang fantastis itu disebabkan kondisi harga tanah di Bandung Kota yang tinggi. Daerah Dago misalnya, harga tanah sudah dipatok sebesar Rp 5 juta-Rp 20 juta meter persegi.

Berikut daftar rumah dengan harga di bawah Rp 400 juta-an di daerah Bandung yang bisa Anda pilih sebagai rumah idaman masa depan Anda.

1.Victory Land, Ujung Berung Kota Bandung


Perumahan Grand Cinunuk merupakan rumah minimalis. Meskipun minimalis, konsep perumahan juga masih menyediakan lahan hijau untuk resapan air.

Satu perumahan yang bisa Anda bidik adalah Victory Land yang ada di Jalan Cijambe Ujung Berung, Kota Bandung. Perumahan yang sudah siap pakai ini menawarkan dua tipe rumah yakni Tipe 38/75 dan Tipe 48/90.

Daerah Ujung Berung yang asri pun memiliki daya tarik tersendiri. Udara yang masih sejuk, dan pemandangan sekitar perumahan yang bersentuhan dengan alam, seperti pegunungan dan persawahan sangat tepat untuk Anda yang ingin tinggal dengan nyaman.

Lokasi perumahan pun cukup strategis. Apabila Anda ingin ke pusat keramaian Kota Bandung, Anda bisa menempuh jarak sekitar 9,1 kilometer (km) atau setara dengan 36 menit. Kondisi jalan utama menuju Ujung Berung pun sudah bagus. Dan yang paling penting akses transportasi menuju perumahan pun tersedia 20 jam.


Peta jarak antara Perumahan Victory Land menuju Bandung Kota yang hanya terpaut 9,1 kilometer.

Untuk memiliki rumah di Victory Land, harga yang ditawarkan mulai dari Rp 300 juta untuk setiap unitnya. Tentu saja harga akan akan disesuaikan dengan kedua tipe yang sudah disediakan oleh pengembang.

2. Perumahan Grand Cinunuk, Cijambe


Perumahan Grand Cinunuk ini sudah memiliki carport dan taman depan yang beguna sebagai resapan air.

Perumahan selanjutnya masih berada di perbatasan antara Kota Bandung dan Kabupaten Bandung. Adalah Perumahan Grand Cinunuk yang ada di daerah Cijambe ini cukup dekat dengan akses tol Cileunyi.

Perumahan ini menawarkan empat tipe rumah antara lain: Tipe 36/72, Tipe 45/84, Tipe 68/72 (2 lantai), dan Tipe 80/91 (2 lantai). Perumahan ini mengusung konsep lingkungan hijau yang bebas dari banjir dan lokasi yang strategis.

Akses jalan Tol Cileunyi memberikan nilai lebih untuk perumahan ini. Jarak dari perumahan menuju pintu keluar Tol Cileunyi terpaut 4,6 kilometer atau sekitar 12 menit waktu tempuh perjalanan.


Jarak antara Perumahan Grand Cinunuk dengan pintu keluar Tol Cileunyi.

Kondisi jalan menuju perumahan cukup baik. Namun untuk kondisi jalan, memang sedikit padat di waktu pagi dan siang hari. Sebab, di sekitar perumahan terdapat beberapa kawasan pendidikan, seperti Unpad, ITB, IPDN, dan IKOPIN.

Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 331 juta. Fasilitas yang ditawarkan di dalam perumahan juga terbilang lengkap seperti: arena bermain, CCTV, Internet Akses, Fibre Optic, Jogging Track, dan Area Komersil.

3. Bumi Panyawangan, Cileunyi.


Perumahan Bumi Panyawangan ini memiliki konsep desain minimalis yang dipadukan dengan konsep perumahan Bali Natural. Sekilas tampak fasad depan seperti menunjukkan rumah Bali.

Perumahan terakhir yang bisa Anda bidik sebagai rumah idaman adalah Bumi Panyawangan. Perumahan ini berada di Jalan Percobaan Cileunyi, Bandung.

Sama seperti perumahan Grand Cinunuk, perumahan ini juga memiliki kelebihan dalam hal akses jalan Tol Cileunyi. Jarak antara perumahan dengan pintu keluar Tol Cileunyi berkisar 4,6 km.

Apabila Anda ingin menuju pusat Kota Bandung, akses Jalan Tol Cileunyi bisa menjadi akses utama Anda. Transportasi yang disediakan adalah Bus Damri yang memiliki pangkalan di kawasan Jatinangor. Waktu tempuh untuk sampai di Bandung Kota menggunakan Damri sekitar 45 menit.

Tetapi apabila Anda menggunakan kendaraan pribadi melalui jalan tol, Anda bisa lebih cepat, yakni sekitar 30 menit.


Peta jarak lokasi antara akses pintu Tol Cileunyi dengan pintu keluar Tol Pateur.

Ada keunikan yang dimiliki Bumi Penyawangan Cileunyi, terutama dalam hal desain rumah yang menggabungkan konsep minimalis dengan tiga konsep desain luar negeri. Ketiga konsep lain antara lain: Bali Naturalis, Mediterania Modern, dan Tropical Modern.

Harga yang ditawarkan untuk perumahan ini dimulai dari Rp 400 juta. Fasilitas yang disediakan di dalam perumahan juga cukup lengkap. Bagi Anda yang beragama Islam, terdapat Masjid yang ada di dalam perumahan. Selain itu, juga ada fasilitas olahraga seperti lapangan tenis dan water park.

Feat picture: pixabay.com

(Kantri/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.