Sukses


Perumnas Telah Bangun 10 Ribu Unit Rumah di Karawang

Industri menjamur di Karawang membuat kebutuhan hunian juga tinggi.

Liputan6.com,Karawang - Perum Perumnas telah membangun sedikitnya 10 ribu unit rumah di Karawang, Jawa Barat. Perusahaan properti pelat merah itu sudah mengembangkan proyek perumahan menengah bawah di daerah itu sejak tahun 1990-an, dengan total luas areal 200 hektare (ha).

"Menjamurnya industri di Karawang membuat kebutuhan hunian di kawasan ini sangat tinggi, sehingga perumahan milik Perumnas di Karawang cukup diminati masyarakat," ujar Direktur Utama Perum Perumnas, Himawan Arief Sugoto di Karawang, Kamis (25/2/2016).

Didukung kemudahan akses menuju gerbang tol Karawang Barat menjadikan proyek Perumnas di Karawang semakin strategis. Jaraknya pun tidak jauh dengan beberapa kawasan industri seperti KIM dan KIIC.

Setelah membangun ribuan rumah tapak di lokasi yang berlokasi di Teluk Jambe, Perumnas pada tahun ini mulai memperkenalkan pengembangan hunian vertikal di kawasan Sentraland-Karawang, diawali dengan pengembangan empat tower rumah susun sederhana milik/rusunami yang menyasar masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). 

"Proyek rusunami di Karawang ini kembali menyatakan komitmen kami untuk mendukung percepatan Program Sejuta Rumah," tegas Himawan.

Proyek Sentraland Karawang ini dikembangkan di lahan seluas 3,8 hektare. Total hunian yang akan dibangun sebanyak 2.700 unit. Pada tahap awal akan dibangun sebanyak dua tower, masing-masing terdiri dari 20 lantai berkapasitas 1.514 unit. Tipe yang ditawarkan mulai dari 18 meter persegi, 27 m2 dan 36 m2. Direncanakan pengerjaan konstruksi akan rampung pada 2017.

Himawan mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Karawang yang memberikan kemudahan dan kecepatan perizinan proyek rusunami tersebut. Diakui perizinan selesai seluruhnya dalam waktu kurang dari satu tahun.

Dia berharap di kota-kota lain yang akan dibangun rusunami Perumnas bisa memberikan pelayanan perizinan yang sama. Sepanjang 2016 Perumnas berencana membangun 25.978 unit rumah susun dengan total 64 tower yang lokasinya tersebar di Medan, Palembang, Bekasi, Bandung, Karawang, Makassar dan sejumlah lokasi di Jabodetabek seperti Pulo Gebang, Cengkareng dan Bekasi.

Perumnas menyatakan kesiapan untuk melakukan sinergi dengan BUMN dan BUMD lintas sektoral yang memiliki lahan feasible untuk dikerjasamakan untuk mempercepat program perumahan rakyat. (Muhammad Rinaldi/Ahm)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.