Sukses


7 Tips Agar Ruangan Sempit Jadi Berguna

Dengan kreativitas, rumah atau apartemen yang sempit dapat disulap menjadi hunian yang nyaman.

Liputan6.com, Jakarta - Tak semua orang beruntung dapat memiliki hunian luas. Terbatasnya kemampuan finansial biasanya menjadi kendala utama.

Namun, rumah atau apartemen yang sempit pun dapat disulap menjadi hunian yang nyaman. Kreativitas memanfaatkan perabotan dan setiap ruangan vertikal di rumah bisa menjadi solusi.

Simak tujuh tips yang dapat Anda lakukan untuk menyulap desain interior rumah atau apartemen yang kecil, seperti dikutip dari laman Rumah.com seperti ditulis Senin (22/2/2016):

Buat Rak di Sudut Dinding

Lihat di sekeliling rumah, Anda mungkin akan terkejut melihat beberapa sudut ruang yang tidak digunakan secara maksimal. Buat instalasi rak yang ‘mengambang’ (bagian bawah rak tidak menyentuh lantai).

Rak model ini tidak hanya akan menambah ruang penyimpanan, tapi juga menghadirkan visual yang menarik untuk mempercantik ruangan.

Gantungan Handuk di Belakang Pintu

Jangan lupakan ruang kecil di balik pintu. Pintu dapat digunakan sebagai tempat yang sempurna untuk menggantung handuk tanpa harus menggunakan dinding di kamar mandi.

Dengan demikian, kamar tempat handuk tidak akan membuat kamar mandi semakin sempit. Pertimbangkan bagian pintu agar dapat tertutup sempurna, untuk mencegah batang gantungan handuk terbentur hingga terjatuh.

Cermin Besar

Cermin besar dapat merubah total perspektif sebuah ruangan. Tidak hanya akan memberikan cahaya tambahan, cermin juga akan memberikan ilusi sebuah ruangan terlihat lebih luas dari ukuran sebenarnya. Pilih cermin dengan bingkai unik untuk memberikan aksen bagi ruangan Anda.

Simpan Handuk di Dinding

Memanfaatkan ruangan yang ada. Jangan biarkan dinding kosong dan tidak digunakan, apalagi di kamar mandi yang kecil.

Buat tempat penyimpanan yang cepat, mudah dan ringan. Gunakan keranjang dan tata seperti di gambar untuk menyimpan handuk Anda.

Dinding Informasi

Buat salah satu dinding di rumah Anda menjadi salah satu tempat informasi dengan setiap anggota keluarga dapat melihat kalender, menu apa untuk makan, atau catatan khusus untuk membuat kegiatan keluarga Anda tetap terorganisir.

Untuk membuatnya, Anda hanya membutuhkan satu dinding sebagai tempat memasang papan tulis yang berisi semua informasi tersebut.

Buat Tempat Penyimpanan di atas Wastafel

Anda memiliki tempat terbatas menaruh laci dan meja untuk menyimpan barang-barang pribadi? Buatlah rak sederhana dari kayu dan pasang di dinding di atas wastafel. Pastikan Anda menggunakan alas yang tahan air di bagian bawah rak agar tidak menjadi lembap.

Tirai sebagai Pembatas Ruangan

Jika Anda berbagi ruangan kamar dengan anak-anak Anda, pertimbangkan untuk menggunakan tirai sebagai pemisah dengan ruangan mereka. Cara ini juga dapat dilakukan di apartemen tipe studio untuk memisahkan ruang tamu dengan kamar tidur. Tirai menjadi solusi yang baik jika Anda tidak menginginkan perubahan bentuk bangunan. 

(Mita Agustina/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini