Sukses


Syarat Wajib Mendekorasi Ruang Makan

Apalah arti segala hidangan mewah namun anggota keluarga atau tamu tidak nyaman berada di dalamnya.

Liputan6.com, Jakarta - Ruang makan atau dalam bahasa inggrisnya dining room, merupakan salah satu ruangan yang kerap dipergunakan sebagai ruang berkumpul bagi seluruh keluarga.

Sambil menyantap sarapan atau sajian makan malam, ruang ini juga menjadi saksi dari ragam cerita suka maupun duka yang dialami masing-masing anggota keluarga.

Karena pentingnya peran ruang makan dalam sebuah rumah, maka ada baiknya jika dalam hal mendekorasi harus dilakukan secara baik dan benar.

Tak berbeda dengan ruangan lain, dekorasi ruang makan dapat dilakukan dengan memperhatikan beberapa aspek. Berikut detil-detil yang harus ada di ruang makan, seperti tertulis Rumah.com, pada Jumat (19/2/2016).

Pemilihan furnitur

Apalah arti segala hidangan mewah namun anggota keluarga atau tamu tidak nyaman berada di dalamnya. Untuk itu, penggunaan furnitur ruang makan harus dicermati sebaik mungkin.

Pada meja, Anda bisa memilih empat bentuk standar yang umum dijual, yakni persegi panjang, kotak, bundar, dan oval. Pilih yang menurut Anda pas dengan luas area di ruang makan, agar menghindari keterbatasan gerak anggota keluarga saat makan.

Sementara untuk kursi, perhatikan segi ukuran, kenyamanan, gaya, dan bahan. Jika luas ruang makan tak terlalu luas, lebih baik menempatkan kursi dengan ukuran sedang yang sesuai dengan lebar meja makan.

Lalu untuk sisi kenyamanan, Anda bisa mencobanya terlebih dahulu sebelum membeli. Pastikan sandaran kursi dirasa nyaman saat Anda mendudukinya.

Gaya pun menjadi aspek penting selain kenyamanan. Tentukan apakah Anda menginginkan kursi dengan tangan atau tanpa tangan, sandaran yang tinggi atau rendah, dan sebagainya. Pilih yang sesuai selera dan tema ruang makan.

Terakhir, karena bahan dari kursi bisa mempengaruhi suasana makan, maka Anda harus jeli saat memilihnya. Biasanya bahan kursi pada umunya meliputi akrilik, kayu, rotan, dan kursi dengan bantalan (upholstered).

Atur pencahayaan

Tata pencahayaan yang wajib dimiliki oleh tiap ruang makan adalah dengan meletakkan lampu diatas meja makan. Secara tradisional, lampu yang digunakan adalah lampu gantung. Tetapi, Anda dapat menggunakan lampu dengan gaya yang lebih modern, seperti downlight.

Hal ini dirasa penting terutama jika menu makanan yang disajikan adalah ikan. Tentu siapa pun tak mau ada anggota keluarga yang tidak sengaja menelan duri, kan?.

Selain itu, pencahayaan yang cukup entah dari cahaya matahari alami melalui jendela pada siang hari maupun lampu gantung yang terang, juga membantu menciptakan suasana yang menyenangkan.

Warna yang ‘pas’

Kalau hal yang satu ini memang ada teorinya, yaitu penggunaan warna merah terbukti dapat mengundang nafsu makan. Lihat saja, banyak restoran-restoran yang menggunakan warna yang identik dengan kesan berani ini, bukan?

Warna merah dapat ditambahkan pada salah satu dinding ruang makan. Selain itu, penambahan warna putih pada meja makan akan memberikan kesan tenang dan segar.

Sentuhan artistik

Untuk menciptakan kesan menyenangkan dari sebuah ruang makan, Anda perlu menambahkan sentuhan detil menarik, seperti hiasan dinding yang unik, atau pajangan lucu yang dapat membawa suasana ceria. Perasaan bahagia akan menambah acara makan bersama menjadi semarak. (Fathia A/Ahm)

Foto: homedesigns.today

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.