Sukses


Cara Mengusir Kutu Busuk di Rumah

Sebelum memanggil jasa pengusir serangga, ada baiknya Anda memahami lebih jauh mengenai kutu busuk.

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah Anda bangun dari tidur dengan bentol merah di kulit yang terasa gatal, khususnya di bagian wajah, leher dan pundak?.

Bisa jadi penyebabnya adalah kutu busuk yang hinggap di kasur Anda. Bentuknya yang hampir tidak terlihat membuat Anda kesulitan untuk mengusirnya. Artikel yang dinukil dari housetohome.co.uk dan Rumah.com seperti ditulis Kamis (18/2/2016) akan memaparkan semua hal terkait kutu busuk.

Kutu busuk adalah serangga penghisap darah berwarna cokelat. Biasanya mereka hinggap dan berkembang biak di pori-pori dan celah sekitar ranjang.

Mereka muncul di malam hari untuk menghisap darah mangsanya. Panas tubuh dan karbondioksida yang berhembus menjadi daya tarik yang membuat kutu busuk hinggap di tubuh manusia.

Kutu busuk pada umumnya memang tidak menyebarkan penyakit. Gigitannya juga tidak berbahaya untuk manusia, bahkan beberapa jenis kulit merasa kebal dari gatal yang biasa ditimbulkan.

Meski begitu, tentu kutu busuk akan sangat mengganggu karena perkembangbiakannya yang cepat.

Kehadiran kutu busuk tidak selalu mencerminkan kondisi kebersihan rumah Anda. Mereka dengan mudah bisa berpindah dari satu perabot ke perabot yang lainnya.

Mereka juga umum ditemukan di gedung bertingkat seperti hotel dan apartemen. Mereka bisa merayap dan satu ruangan ke ruangan lainnya melalui pipa dan retakan dinding.

Bagaimana menyadari adanya kutu busuk?

Kutu busuk berusia dewasa memiliki ukuran sekitar 6mm, sementara ukuran telur dan larva mereka bisa berukuran lebih kecil lagi sehingga sulit dideteksi. Mereka tidak terbang atau loncat akan tetapi bisa merayap dengan cepat dan sangat pintar bersembunyi.

Coba periksa kasur, rangka kasur, dan sekitar area tempat tidur untuk mendeteksi kehadiran kutu busuk. Perhatikan lebih seksama jika melihat gerombolan berwarna cokelat, bisa jadi itu adalah cangkang larva milik mereka.

Anda juga mungkin melihat beberapa titik darah pada seprai dan mencium aroma apek yang biasa ditimbulkan dari kutu busuk dewasa.

Selalu mengecek furnitur bekas, Anda juga harus mencegah membawanya ke dalam rumah. Jika Anda hobi berjalan-jalan, coba cek juga kasur hotel dan sandaran kepalanya. Pindahkan koper Anda dari lantai ke rak lemari untuk menghindari kutu busuk yang mungkin bisa merayap ke atasnya.

Bagaimana cara mengusir kutu busuk?

Jika ditemukan adanya kutu busuk di rumah Anda, segera ambil langkah cepat untuk menghindari perkembangbiakan. Cara terbaik adalah dengan menghubungi jasa pengendali hama dan serangga. Mereka memiliki pengalaman untuk mengusir serangga dilengkapi dengan peralatan untuk menghalau insektisida.

Cara mudah mengusir kutu busuk sendiri

Meski direkomendasikan untuk meminta bantuan profesional untuk mengusir kutu busuk, Anda juga bisa membuat ramuan pengendali hama sendiri serta mencoba beberapa cara berikut ini:

  • Cuci dengan bersih seprai kasur, baju tidur, dan boneka ke dalam air dengan suhu kurang lebih 50 sampai 60 derajat celcius. Kemudian keringkan barang-barang tersebut dengan suhu pengaturan terpanas selama 30 menit untuk membasmi serangga serta telur larvanya yang menempel.
  • Bongkar perabot di kamar tidur Anda dan periksa tempat yang mungkin dihinggapi kutu busuk. Mulai dari karpet, belakang meja nakas, serta retakan dinding. Kemudian, dengan vacuum cleaner, coba sedot kutu di area tersebut. Anda juga harus hati-hati ketika hendak membuang isi kantong vacuum cleaner. Jika kasur Anda sudah dipenuhi oleh kutu busuk, ada baiknya untuk diganti dengan yang baru.
  • Serangga kecil dapat merayap dengan jangkauan yang cukup jauh, jadi Anda juga perlu memeriksa keseluruhan ruangan di rumah. Mulai dari kolong perabot, di dalam laci, belakang wallpaper, atau dimanapun dan bersihkan dengan vacuum cleaner.
  • Gunakan insektisida khusus kutu busuk untuk disemprotkan ke tempat persembunyiannya.
  • Membersihkan dengan steam atau uap air menjadi cara mudah bebas kimia untuk membunuh serangga dan telurnya.
  • Ternyata minyak daun teh hijau juga berfungsi untuk insektisida alami. Campurkan sprei berisi satu 30 ml air dengan satu tetes minyak daun teh hijau ke sebuah sprei.
  • Terus amati secara rutin kemungkinan kembalinya kutu busuk dan bersihkan beberapa area yang terdeteksi ada kutu busuk. Anda juga mungkin memerlukan bantuan profesional jika kutu busuk kerap muncul kembali. (Isnaini K/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.