Sukses


Trik Cermat Renovasi Rumah Sesuai Anggaran

Renovasi rumah sesuai anggaran memang sedikit tricky, namun jangan menyerah dulu. Coba 8 tips berikut ini agar anggaran Anda tidak jebol.

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda sedang berencana untuk merenovasi rumah? Baik tujuannya untuk meningkatkan nilai properti, atau hanya merapikan tempat tinggal agar lebih nyaman ditempati. Perubahan sekecil apapun yang terjadi di rumah Anda, tentunya bisa memberikan manfaat yang besar bagi tamu yang berkunjung.

Meski banyak manfaat positif dari renovasi rumah, tentunya Anda tidak ingin proses renovasi tersebut akan menghabiskan biaya yang besar. Nah, dengan mengikuti beberapa tips sederhana berikut ini, Anda bisa mengembangkan strategis renovasi yang tepat tanpa harus merusak anggaran yang telah direncanakan di awal.

Dengan begitu Anda bisa lebih tenang dalam proses perbaikan rumah tersebut, seperti ditulis Selasa (2/2/2016) dikutip dari lifestyle.com.au dan Rumah.com

Bagi menjadi proyek kecil

Mulailah proses renovasi dengan membagi-bagi proyek renovasi Anda menjadi lebih kecil, dan lebih mudah dikelola. Jika Anda berencana ingin make over dapur, kamar mandi mandi, dan ruang laundry, coba pilih satu ruangan dan buat daftar apa saja yang ingin Anda ubah di tiap ruangan tersebut.

"Anda harus memastikan renovasi setiap ruangan berjalan sesuai dengan rencana dan tujuan yang diharapkan," ujar Katrina dari The Organised Housewife.

Dengan begitu, Anda bisa menyelesaikan setiap proyek dengan waktu yang pas dan tidak berharap lebih dari hasil renovasi yang selesai dikerjakan.

Mempercantik dari luar ke bagian dalam

Mungkin Anda pernah mendengar  perawatan kulit harus dimulai dari dalam, namun hal ini tidak berlaku untuk renovasi rumah. Rumah yang ideal seharusnya memiliki desain lansekap yang segar dan terlihat menarik dari kejauhan. Coba untuk merapikan kebun bagian depan dan belakang rumah dalam waktu satu hari. Setelah selesai membersihkan rumput liar, lanjutkan dengan mengecat dinding eksterior yang mulai mengelupas atau terlihat kotor.


Perubahan kecil membuat perbedaan besar

Di dalam rumah, perubahan kecil seperti lapisan cat yang baru, mengubah selimut serta kabinet baru dapat membuat perbedaan besar untuk tampilan dan interior ruangan. Selain itu perubahan pada gagang pintu dan cat kusen pintu juga bisa memberi kesan interior rumah Anda terlihat lebih bersih dan tertata lebih baik.


Perawatan Jendela

Perawatan jendela internal dan eksternal tidak hanya mengubah tingkat privasi di rumah Anda, tetapi juga dapat mempengaruhi suhu dan cahaya dari setiap kamar. Dean dari Riverview Shutters mengatakan,

"Dengan menambahkan manoeuvrable plantation shutters (penyaring cahaya) ke jendela Anda atau menjadikan jendela sebagai pembagi ruang, Anda dapat memberikan suasana yang sama sekali baru tanpa menghabiskan banyak uang," ujar Dean dari Riverview Shutters.

Pemasangan jendela ini juga bisa dipilih dalam berbagai bahan, mulai dari kayu sampai dengan alumunium. Dengan begitu Anda bisa menerapkannya ke berbagai dekorasi gaya.


Memanfaatkan apa yang Anda miliki

Seringkali, penggantian lemari atau pemasangan ubin kamar mandi yang sudah kusam adalah cara terbaik untuk memperbaiki ruangan. Jangan menambah bujet Anda dengan mengganti segala hal dari atas sampai bawah. Anda cukup memperhatikan apa saja yang memerlukan pergantian dan memanfaatkan bahan-bahan yang sudah dimiliki d irumah Anda.

Lakukan riset

Ketika Anda merenovasi dengan anggaran yang sudah ditetapkan, pastikan Anda mendapatkan bahan material dengan harga yang paling murah. Caranya dengan membandingkan harga di beberapa toko sebelum membeli. Jangan lupa juga untuk memeriksa website toko online perabot untuk mengetahui penawaran diskon terbaru. Beberapa distributor berbasis web bahkan ada yang menawarkan pengiriman tanpa biaya tambahan.


Mengetahui batas kemampuan Anda

Beberapa proyek mungkin ada yang proses pengerjaannya melebihi tingkat pengetahuan Anda. Jangan ambil resiko, daripada Anda harus mengerjakan sesuatu yang tidak Anda pahami, sebaiknya minta bantuan kepada tukang yang lebih professional. Selain menghemat waktu, hasil pekerjaannya juga lebih berkualitas.


Memanfaatkan Internet

Ketika mengalami kesulitan dalam pengerjaan renovasi, Anda bisa memanfaatkan internet dengan menyaksikan video DIY (Do it yourself) – buat sendiri- maupun mengunduh aplikasi yang bermanfaat. Dengan begitu Anda akan menghemat waktu dan uang sembari melakukan pekerjaan yang benar. Semoga bermanfaat  (Isnaini K/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini