Sukses


Apartemen Keren Ini Punya Arena Ski di Atapnya

Anda tak perlu jauh-jauh sampai ke Swiss atau Colorado untuk mencoba sensasi ski, karena di Kazakstan tengah direncanakan pembangunan aparte

Liputan6.com, Jakarta - Bayangkan ada sebuah apartemen di mana Anda bisa meluncur dari atap ke bawah dengan ketinggian 305 meter. Bangunan impian ini ternyata sudah direncanakan dan akan menjadi kenyataan. Di Kazakhstan, apartemen House Slalom setinggi 21 lantai ini nantinya akan dilengkapi oleh arena seluncur ski.

Bangunan ini di desain oleh arsitektur bernama Shokhan Mataibekov, dan menjadi salah satu finalis penghargaan World Architecture Festival. Jika proposal ini disetujui, nantinya House Slalom akan menjadi bangunan residensial pertama yang dilengkapi oleh lereng ski, seperti dilansir Rumah.com dari Techinsider.io dan Elledecor.com.

“Apartemen ini menjadi sebuah bangunan landmark kota yang unik dan bisa menarik perhatian turis dari seluruh dunia,” ucap Shokhan Mataibekov.

Ilustrasi pemandangan dari atas

Dari jauh, bangunan ini berbentuk mirip huruf ‘U’. Ketinggian bangunan ini perlahan menurun landai di beberapa titik, menciptakan lereng yang mengelilingi apartemen. Untuk mencapai bagian atas lereng, para peski bisa menumpang elevator kaca.

Pada bagian terendah (bawah) kompleks apartemen diisi oleh kios toko dan restoran dengan total 421 unit apartemen dua kamar tidur yang ada di atasnya.

Tidak seperti resor ski pada umumnya, trek ski yang ada di House Slalom bisa digunakan sepanjang tahun. Mulai empat sampai enam bulan musim dingin di kota, salju alami akan dimanfaatkan. Sementara di musim panas, salju buatan bernama snowflex akan menutupi lereng arena.

Anda bahkan bisa bermain ski di malam hari, karena arena trek akan dilengkapi oleh penerangan. Soal keamanan, Anda tak perlu khawatir karena dinding sisi yang ada di pinggir trek relatif tinggi.

Ilustrasi pemandangan di malam hari

Astana saat ini adalah salah satu kota terdingin di dunia, di mana musim dinginnya memiliki suhu rata-rata minus 20 derajat. Atabekov merancang House Slalom karena perjalanan dari kota tersebut menuju lereng ski terdekat bisa menyita waktu perjalanan selama empat jam. Oleh karena itu, House Slalom akan menjadi tempat favorit bagi para peski dan snowboarder.

Meskipun belum ada kabar kapan apartemen ini akan dibangun, Atabekov mengatakan bahwa dia sudah berbicara dengan pengembang tentang pergerakan desain. Konstruksi bangunan ini bisa menelan biaya sekitar US$ 70 juta (Rp 970 miliar).

Meskipun terlihat aneh, namun bangunan ini diprediksi akan menjadi daya tarik wisata yang luar biasa bagi Astana, Kazakstan. Jadi, Anda tak perlu jauh-jauh sampai ke Swiss atau Colorado untuk mencoba sensasi ski yang menyenangkan, kan? (Isnaini/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.