Sukses


Tips Hemat Duit Saat Pindah Rumah

Pindah rumah memang bukan suatu hal yang sepele. Orang yang pindah rumah kerap mengeluarkan berbagai macam biaya yang angkanya tak sedikit.

Liputan6.com, Jakarta - Tahun baru biasanya dijadikan waktu yang tepat untuk pindah ke rumah baru. Namun seringkali biaya menjadi kendala yang harus diatur secara matang.

Ya, pindah rumah memang bukan suatu hal yang sepele. Orang yang pindah rumah kerap mengeluarkan berbagai macam biaya yang angkanya tidak sedikit.

Maka dari itu, penyusunan anggaran harus dibuat sejak jauh-jauh hari agar menekan pengeluaran. Dilansir dari laman Rumah.com, Founder TheSimpleDollar.com, Trent Hamm, berbagi enam strategi seputar menghemat pengeluaran saat pindah rumah.


Jual, Jual, Jual

Tidak ada yang lebih baik dari mengklasifikasikan barang-barang Anda ke kategori; sangat penting, penting, cukup penting, dan tidak penting.

Tanyalah kepada diri Anda sendiri, apakah barang-barang ini akan diperlukan di masa depan. Langkah ini perlu Anda lakukan guna meminimalisir bobot barang yang akan dibawa ke rumah baru.

Jika Anda memiliki furnitur, pajangan, sepatu atau pakaian yang masih layak pakai, cobalah untuk menjualnya melalui bazar atau membuat garage sale di halaman depan rumah. Selain jumlah barang pindahan berkurang, Anda juga bisa menambah pundi-pundi uang untuk biaya pindahan.

Menabung kardus

Jika waktu pindahan Anda tinggal tiga bulan lagi, maka mulailah berbelanja produk rumah tangga yang dibungkus dengan kardus. Atau, Anda bisa mendapatkan kardus secara cuma-cuma dari pemberian tetangga dan toko sembako langganan.

Namun ingat, untuk barang-barang yang mudah pecah atau berharga, baiknya ditempatkan pada kardus yang kokoh dan tebal seperti kardus televisi atau air conditioner.

Do it yourself!

Mobilitas tinggi dan minimnya waktu membuat sebagian orang memilih untuk mempekerjakan tukang yang handal, dalam urusan pindah rumah.

Bila dana Anda besar, mungkin hal ini bukanlah sebuah kendala. Namun bagaimana dengan si pemilik dana terbatas?

Tentu Anda harus rela menyempatkan satu atau dua jam setiap harinya,  untuk melakukan pengepakan barang. Agar terasa lebih ringan dan menyenangkan, Anda bisa mengajak serta pasangan dan anak-anak bahkan
kerabat untuk mengerjakan kegiatan ini.

Hindari Mempekerjakan Movers

Ketika akan memindahkan barang-barang ke rumah baru, gunakanlah jasa penyewaan mobil khusus untuk mengangkut barang. Mobil box atau truk akanjadi pilihan yang tepat dan efisien untuk mengangkut barang dalam jumlah yang banyak sekaligus, sehingga Anda akan menghemat biaya dan waktu.

Alternatif lainnya, mintalah bantuan teman terdekat untuk memindahkan barang-barang Anda ke rumah baru. Apalagi jika teman Anda memiliki sebuah truk atau mobil bak terbuka yang bisa dimanfaatkan.

Cukup mentraktirnya dengan kudapan favorit dan membayar ongkos bensin, bajet pindah rumah Anda akan semakin terorganisir.

Be Smart Tentang Utilitas

Banyak utilitas seperti telepon, tv kabel, dan internet, yang mengharuskan Anda untuk membayar iuran selama satu bulan penuh. Jadi, saat waktu pindahan tinggal satu bulan lagi, ada baiknya jika Anda segera menghubungi call centre yang bersangkutan untuk memutus layanan ini.

Selain memudahkan aktivitas pindah rumah, Anda juga tak perlu mengeluarkan biaya untuk hal yang tidak menjadi kebutuhan utama.

Foto: Pixabay

(Fathia/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini