Sukses


Istana Ini Dilego Murah Hanya Rp 6 Miliar, Tertarik?

Bertempat tinggal di Istana ini bisa jadi pilihan menarik bagi yang menyukai cerita dongeng klasik.

Liputan6.com, Jakarta Bagaimana rasanya bertempat tinggal di kastil? Meski terkesan kuno, namun Anda bisa menemukan sensasi hunian yang berbeda dari rumah tapak atau apartemen biasa.

Di Edinburgh Inggris, ada sebuah kastil yang dijual “hanya” seharga £ 300.000 atau setara Rp 6,1 miliar, seperti dikutip Rumah.com dari laman DailyMail.co.uk, Rabu (23/12/2015).

Meski harga ini relatif terjangkau, namun Anda masih harus memperhitungkan biaya perawatan renovasi sebelum istana ini siap ditempati.

Terlihat dari model bangunan klasik tanpa atap dan jendela, serta pepohonan yang menjalari dinding. 

Kastil berlokasi dekat Edinburgh dijual seharga Rp6 milyar namun membutuhkan biaya renovasi hingga Rp1 -2 trilyun.

Property ini terletak di lingkungan indah Scottish Borders (perbatasan Skotlandia).

Properti ini membutuhkan renovasi total karena bentuk bangunan yang tua dan tidak terawat. Meski begitu, para penasehat properti menyarankan kepada calon pembeli untuk berhati-hati memperhitungkan biaya renovasi sebelum membeli istana kecil ini. Bisa jadi biaya renovasi yang dibutuhkan mencapai £ 2 juta atau setara dengan Rp 40 miliar.

Property ini terbilang sangat rusak dengan tidak adanya atap dan jendela, serta pepohonan yang tumbuh menjalari dinding

Agen real estate menyasankan untuk renovasi tipe Grand Design yang bisa memaksimalkan fungsi bangunan

Menurut salah satu agen real estate, Tony Perriam dari Rettie, “Banyak struktur bangunan yang harus diubah dan biaya yang dihabiskan tergantung pada sejauh mana proses desain yang diinginkan”.

Namun sebagian besar dari mereka melihat sejauh ini calon pembeli yang tertarik untuk membeli berencana untuk mengubah istana ini menjadi rumah keluarga utama.

“Proyek besar tersebut tentu akan memerlukan banyak perubahan konstruksi dan tentunya juga membutuhkan biaya yang besar”.

Bangunan ini menawarkan nuansa tempat tinggal yang alami sekaligus privasi. Sehingga biaya renovasi yang dikeluarkan adalah nilai yang sepadan, untuk menikmati hunian modern di tengah pedesaan tenang.

Renovasi total diperlukan agar rumah ini siap ditinggali oleh keluarga.

Properti ini sebelumnya ditinggali oleh keturunan keluarga yang sama dalam waktu lebih dari 300 tahun, namun kini diabaikan begitu saja.

Sebelumnya, istana ini sudah ditempati oleh keturunan keluarga yang sama dalam waktu 300 tahun dan terdaftar menjadi hunian B-listed – yang setara dengan hunian kelas II di Inggris.

Bangunan ini disebut sebagai salah satu bangunan bersejarah karena menjadi perbatasan Skotlandia. Edinburgh juga disebut sebagai kawasan terbaik untuk bertempat tinggal di Inggris sesuai dengan riset indeks kualitas hidup.

Faktor-faktor yang mempengaruhi antara lain rendahnya tingkat kriminalitas, biaya hidup yang terjangkau, gaji tinggi dan koneksi internet yang cepat, sesuai dengan Uswitch.

yang tersisa dari istana ini adalah batu bata dan mortar yang terdiri dari lima lantai, serta sayap selatan timur.

Properti ini memiliki beberapa bangunan kecil diluar area istana dan tanah seluas 40.468 meter persegi

Sementara itu, Camilla Dell, Managing partner di agensi properti Black Brick mengatakan, “Faktor esensial dari menjual properti kuno adalah untuk meyakinkan pembeli bahwa mereka tidak hanya sekedar membeli bangunan namun juga nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Dengan begitu, proyek renovasi menjadi kewajiban yang menyenangkan untuk dilakukan. Pembeli percaya bahwa mereka baru mendapatkan pembelian yang bagus, sehingga properti yang kuno bisa dikesankan sebagai properti premium yang terjual dengan mudah.(Nrm)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.