Sukses


7 Rumah Bersejarah di Amerika Serikat

AS ternyata menyimpan banyak rumah tua bersejarah yang saat ini sudah berusia tiga ratusan tahun. Penasaran?

Liputan6.com, Jakarta - Bukan sebuah rahasia umum lagi, jika Amerika Serikat (AS) dikenal sebagai negara yang cukup banyak menyimpan peninggalan sejarah dunia.

Tak terkecuali pada bangunan bersejarah berupa rumah-rumah yang kini usianya sudah menginjak tiga ratusan tahun. Wow! Penasaran seperti apa penampakannya? Berikut Rumah.com merangkumnya untuk Anda seperti ditulis Senin (14/12/2015).

1. Rumah Henry Whitfield


Henry Whitfield House yang terletak di Guilford, Connecticut, adalah rumah batu kolonial Amerika tertua di negeri ini. Rumah yang dibangun pada 1639 ini dihuni oleh menteri kota Puritan, Henry Whitfield, dan seringkali satu sisi dinding batu rumah tersebut dijadikan benteng masyarakat sekitar.

Dokumen sejarah merinci konstruksinya dirancang oleh penghuni lokal, dengan memindahkan ratusan batu dari tambang terdekat ke lokasi pembangunan.

2. Rumah C. A. Nothnagle Log


CA Nothnagle Log House, dibangun antara 1638 dan 1643 di Swedesboro, New Jersey. Hingga kini, rumah tua ini masih berdiri tegak meski kondisinya sudah sangat usang. Struktur bangunannya dibuat oleh pemukim dari Finlandia dengan luas sekitar 22 kaki.

Sebuah rumah yang sangat sempit jika dibandingkan dengan standar sekarang ini ternyata mengindikasikan kekayaan di abad ke-17. Di dalamnya masih tersimpan besi Skandinavia asli dari tahun 1590-an yang diletakkan di dekat perapian.

3. Rumah Fairbanks


Antara 1637 dan 1641, pemukim Puritan, Jonathan Fairbanke, membangun sebuah rumah untuk keluarganya yang tinggal di Boston, Massachusetts, dengan menggunakan sumber daya kayu. Tak ayal rumah tinggal milik keluarga Fairbanke selama delapan generasi sampai abad ke-20 ini, menjadi salah satiu museum bersejarah di Amerika Serikat.

4. Rumah Richard Sparrow


Terletak di 42 Summer Street, Plymouth, Massachusetts, hunian milik Richard Sparrow menjadi satu-satunya rumah tertua di kawasan tersebut. Ia membangun rumah ini pada tahun 1640 setelah menerima sebidang tanah seluas 16 acre. Sekarang, bangunan tua ini digunakan sebagai museum dan galeri seni, serta terdaftar dalam National Register of Historic Places.

5. The Lower Swedish Cabin

Hunian yang satu ini merupakan contoh paling awal dari konstruksi bangunan Swedia di Amerika Serikat. Diberi nama The Lower Swedish Cabin, rumah tua ini dibangun antara tahun 1640 dan 1650 oleh kolonis Swedia yang menetap di distrik Drexel Hill, Pennsylvania. Siegmund Lubin, seorang produser berkebangsaan Jerman juga pernah menggunakan rumah ini sebagai lokasi syuting filmnya yang dirilis tahun 1900an.

6. Rumah Jendral Israel Putnam

Rumah milik Jendral Israel Putnam dibangun tahun 1648 di Danvers, Massachusetts, pada era arsitektur periode pertama. Bangunan bersejarah milik Putnam kini berada dalam naungan Danvers Historical Society dan terbuka untuk objek wisata umum.

Jenderal Israel Putnam yang merupakan seorang komandan pasukan kolonial selama Revolusi Amerika, lahir di rumah kakeknya, Thomas Putnam. Ayahnya Thomas Putnam Jr, juga terkenal sebagai tokoh selama pengadilan penyihir Salem di Massachusetts pada 1692.

7. Macy-Colby House


Rumah Macy-Colby dibangun di Amesbury, Massachusetts, di sekitar tahun 1649 oleh walikota Thomas Macy. Macy sangat terkenal karena penampilannya saat membaca puisi karya John Greenleaf Whittier berjudul “The Exile” pada abad ke-19. Setelah membangun rumahnya, Macy kemudian merancang beberapa pemukiman di Pulau Nantucket, Massachusets. (Fathia A/Ahm)

Foto: allday.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.