Sukses


6 Alasan Surabaya Terpilih Jadi Lokasi Investasi Properti

Surabaya menempati peringkat kedua dalam skala dunia tentang kepuasan warga.

Liputan6.com, Jakarta - Surabaya merupakan jantung kotanya Jawa Timur (Jatim) dengan banyak potensi, terutama berinvestasi di sektor properti. Prospek menjanjikan ini didukung reformasi dan transformasi sejak Walikota perempuan pertama di Surabaya, Tri Rismaharini berkuasa selama lima tahun ini.  

Portal properti global, Lamudi dalam keterangan resminya di Jakarta, Minggu (13/12/2015) menyebut, Surabaya menempati peringkat kedua dalam skala dunia tentang kepuasan warga. Tantangan ini dapat terjawab di tangan pemimpin yang hebat karena rekayasa kota Surabaya didesain bak Kota Chennai di India.   

Lamudi telah merangkum enam alasan mengapa Anda dapat membeli atau berinvestasi properti di Surabaya, kota dengan populasi lebih dari 3,2 juta orang (2014) dan jumlah perumahan Surabaya yang menampung lebih dari 10,1 juta orang ini :

1. Termasuk dalam 10 Kota Teraman di Dunia

Seperti dikutip dari pernyataan Kapolri Surabaya, “Kami menyediakan pekerjaan bahkan untuk pengemis dan artis jalanan. Kami juga menyediakan pendidikan dan layanan kesehatan gratis.”

Di kota ini terdapat kesetaraan, dengan peran atau tanggung jawab semua orang. Sikap tersebut mendorong rasa kebersamaan. Dengan mendukung warga yang berada di kelompok sosial ekonomi rendah, semua orang menjadi lebih puas. Seperti negara-negara Skandinavia yang memiliki kesenjangan lebih rendah antara si kaya dan si miskin, rata-rata warga menjadi lebih bahagia.

2. Tingkat Pertumbuhan Ekonomi yang Tinggi

Dengan angka pertumbuhan ekonomi berada di atas pertumbuhan nasional, yaitu 7,6 persen, Surabaya memberikan kesempatan besar bagi investor properti. Angka pertumbuhan yang tinggi ini mencerminkan sektor swasta berkembang.

Surabaya menawarkan beberapa pusat perbelanjaan terbesar di Asia Tenggara. Kota ini juga dipenuhi oleh restoran karena budaya makan yang sangat kuat. Selain itu terdapat juga Pasar Genteng, yang merupakan pasar suku cadang terbesar di Indonesia.

3. Harga Properti Kompetitif

Harga apartemen di Surabaya tetap berada pada tingkat yang berpotensi untuk dijadikan investasi. Artinya jika Anda membeli hari ini, nilai properti cenderung meningkat dalam jangka pendek dan menengah. Banyak pengembang menjajal mengembangkan sayap bisnis dengan proyek apartemen di Surabaya.

Salah satunya PT Intiland Development Tbk yang saat ini membangun apartemen The Rosebay di wilayah Barat Surabaya dengan unit yang dipasarkan mulai Rp 1,9 miliar.

Bagi Anda yang mencari apartemen dengan harga lebih terjangkau, sebuah apartemen satu kamar tidur di area pusat kota dengan luas 21 meter persegi yang dilengkapi fasilitas kolam renang dibanderol Rp 370 juta.

Sedangkan angsuran per bulan sebesar Rp 12,1 juta. Cicilan yang murah sehingga pemilik hunian bisa memiliki dana lebih yang bisa dipakai untuk kegiatan rekreasi; menambah kebahagiaan bagi kota utopis ini.

Harga rata-rata properti di Surabaya (kuartal IV 2015) :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alasan Lain


4. Transportasi yang Baik

Bandara Juanda adalah lokasi tersibuk kedua di kota ini. Bandara ini memiliki jadwal penerbangan ke Jakarta dengan frekuensi yang tinggi, begitu pula dengan penerbangan langsung ke Singapura, Hong Kong dan Kuala Lumpur.

Rencananya juga akan dibangun monorail dengan investasi Rp 8,6 triliun dan akan menghubungkan Timur ke Barat Surabaya yang berjarak 20 Kilometer (Km) dan trem akan menghubungkan Selatan dengan Utara kota ini dengan jarak 16 Km.

Kota ini juga telah menerapkan sistem lalu lintas pintar sehingga polisi dapat mengatur lalu lintas dan bereaksi terhadap satu situasi dengan cepat. Hasilnya hampir tidak ada kemacetan lalu lintas di Surabaya. Selain itu, pelabuhan perdagangan yang paling signifikan berada di Surabaya, jalur akses utama untuk perdagangan di Indonesia.

5. Lapangan Golf Eksklusif

Terdapat sejumlah lapangan golf di kota ini. Bukit Darmo Golf berada di perbatasan perumahan-perumahan mewah di Surabaya Barat. Lapangan golf ini dirancang oleh pegolf terkenal Jack Nicklaus II.

Sebagai altenatif, terdapat Yani Golf, dibangun di daerah perbukitan, ini merupakan lapangan tertua di Surabaya dan di sini juga terdapat ruang bawah tanah milik Gubernur Belanda terakhir.

Para pebisnis profesional sangat senang bermain golf dan tak jarang mereka menjadikan kota terbesar kedua di Indonesia ini sebagai tempat mereka berolahraga.

6. Iklim Tropis

Banyak orang pindah ke Surabaya karena konsistensi cuacanya yang baik. Suhu tidak banyak berubah saat pergantian satu musim ke musim lainnya.

Sebagian besar warga akan berjalan-jalan dengan celana pendek dan sandal. Suhu saat siang hari antara 32-34 derajat Celcius. Namun, pada musim hujan di November sampai April, kota ini mungkin akan mengalami banjir bandang sesekali namun tak separah Jakarta.(Fik/Nrm)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini