Sukses


Rusun di Program Sejuta Rumah Ini Miliki Fasilitas Lengkap

Rusunawa ini memiliki dua tower setinggi lima lantai, terdiri dari tipe 24 untuk pekerja lajang dan tipe 36 untuk pekerja yang berkeluarga.

Liputan6.com, Semarang - Selain melakukan percepatan pembangunan rumah susun sewa (Rusunawa) di Semarang, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga melengkapi fasilitas di hunian vertikal yang akan dihuni para pekerja atau buruh pabrik tersebut.

“Rusunawa Pekerja yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo pada groundbreaking Program Sejuta Rumah di Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah ini akan memiliki fasilitas lengkap,” kata Kepala Satuan Kerja Penyedian Rumah Susun Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Erizal MT seperti dikutip dari Rumah.com.

Rusunawa yang ditargetkan rampung akhir tahun ini memiliki dua tower setinggi lima lantai, terdiri dari tipe 24 untuk pekerja lajang dan tipe 36 untuk pekerja yang sudah berkeluarga. Tower pertama dibangun seluas 4.090 meter persegi dengan 104 unit hunian tipe 24, sedangkan tower kedua dengan luas 3.914 meter persegi memiliki 66 unit hunian tipe 36.

Untuk tipe 24 dibangun seperti tipe studio dengan satu kamar dan kamar mandi dalam. Sedangkan tipe 36 memiliki dua kamar tidur, kamar mandi, ruang dapur, dan ruang jemur pakaian.

“Untuk Rusunawa tipe 24 jika setiap kamar berisi dua pekerja lajang maka diperkirakan bisa menampung 208 pekerja. Dan Rusunawa tipe 36 dapat menampung 66 keluarga,” imbuhnya.

Fasilitas Lengkap

Kemajuan pembangunan Rusunawa ini sudah mencapai 95 persen. Saat ini tengah dilakukan proses penyelesaian fasilitas di luar gedung, seperti lahan parkir, pagar pembatas, dan penerangan jalan yang menggunakan teknologi solar cell.

“Kami akan melengkapi seluruh unit hunian Rusunawa tersebut dengan meubelair atau furnitur seperti tempat tidur, lemari  pakaian, meja, dan kursi. Terdapat pula kamar mandi di dalam kamar serta ruang dapur, sehingga mempermudah para pekerja untuk tinggal di Rusunawa tersebut,” terang Erizal.

Untuk Rusunawa tipe 24 bagi pekerja lajang, pada lantai dasar terdapat ruang pengelola, 14 kamar tidur, dua kamar difabel, 16 kamar mandi, 3 gudang, 2 janitor, dan 4 ruang jemur. Di lantai 2 – 4 terdapat 66 kamar tidur dan kamar mandi, 6 janitor, dan 12 tempat jemur pakaian. Sedangkan di lantai 5 ada 22 kamar tidur dan kamar mandi, 4 tempat jemur pakaian, dan 2 janitor. Fasilitas umum lainnya adalah ruang serbaguna, Warnet, dan 2 toilet umum.

Sementara itu, lantai dasar Rusunawa tipe 36 memiliki fasilitas Kantor RT/RW, ruang pengelola, 2 kamar tidur dan kamar mandi, 2 janitor, ruang duka, dan ruang panel. Sedangkan di lantai 2 – 5 terdapat 64 kamar tidur. Fasilitas umum lain  yang dimiliki adalah ruang serba guna, 2 minimarket, 2 kios, mushala, taman, dan toilet.

Lingkungan di sekitar Rusunawa Pekerja ini, terang Erizal, pun sudah ramai. Adanya fasilitas masjid dan sekolah baik sekolah negeri maupun swasta yang sudah berdiri terlebih dahulu, serta akses ke Jalan Raya Semarang – Ungaran semakin mempermudah akses para pekerja. (Anto E/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.