Sukses


5 Jurus Terbaru Membersihkan Dapur

Dengan cara praktis dan murah, Anda dapat segera membersihkan dapur. Inilah rahasia membangkitkan kembali semangat memasak Anda

Liputan6.com, Jakarta - Dapur yang kotor bisa membuat Anda malas memasak dan tidak kreatif di dapur. Tetapi membersihkan dapur bisa menjadi aktivitas yang melelahkan. Padahal salah satu jurus mengembalikan semangat Anda agar tetap produktif dan kreatif di dapur adalah memiliki dapur yang bersih dan rapi.

Nah, untuk mengawali pekerjaan bersih-bersih di dapur, Anda bisa mulai dengan beberapa jurus praktis di bawah ini. Tak perlu bahan mahal atau banyak energi untuk menghasilkan hasil optimal. Dikutip dari Rumah.com, Senin (9/11/2015) cobalah lima jurus ini ini di dapur Anda dan temukan kembali semangat menciptakan santapan-santapan lezat untuk keluarga Anda:

1. Buat Sendiri Cairan Penghilang Noda Lemari

Dapur bisa dipenuhi dengan noda lengket yang tidak sedap dipandang. Perbaiki masalah ini dengan membuat cairan penghilang noda lengket. Situs Onegoodthingbyjillee.com memberi resep ampuh agar lemari Anda kembali bersih. Solusinya, campur satu sendok makan minyak sayur dan dua sendok makan baking soda, gunakan spons atau kain lap untuk membersihkan lemari.

2. Perbaiki Guratan pada Meja Kayu dengan Cuka dan Minyak Zaitun

Jika Anda memiliki meja kayu yang sudah dipenuhi guratan dan terlihat buruk, jangan dibuang karena masih bisa diselamatkan. Menurut Jessica dan Hillary, pengasuh website Domesticblisssquared.com, resep berikut ini terbukti manjur mengembalikan keindahan meja Anda. Campur ½ cangkir cuka dengan ½ cangkir minyak zaitun, celupkan kain ke dalam campuran tersebut dan lap meja. Guratan itu akan hilang dan meja kayu akan terlihat seperti baru.

3. Bersihkan Tungku Kompor dengan Bubuk Amoniak

Tungku kompor yang tidak pernah dibersihkan bisa membuat kompor kurang enak dilihat. Apa yang bisa dilakukan? Vivienne, pemilik blog Thevspotblog.com, mempunyai jurus sederhana. Bersihkan kompor dengan bubuk amoniak. Ambil ¼ cangkir bubuk amoniak dan masukkan tungku kompor bersama bubuk tersebut ke dalam kantong plastik. Diamkan selama satu malam. Buka saat pagi hari dan lap dengan spons.

4. Cara Praktis Membersihkan Wastafel

Wastafel dapur yang kotor bisa membuat Anda malas mendekati area pecucian piring. Agar lebih semangat, buatlah wastafel lebih mengkilat dengan jurus rahasia dari ApartmentTherapy.com. Bahan: sabun cuci piring cair, cuka putih, baking soda, danspons lembut. Bilas wastafel dan taburi baking soda di permukaan wastafel, kemudian bilas dengan air.

Gosok bagian dalam saluran pembuangan dengan sikat gigi yang sudah direndam sebelumnya dengan pasta baking soda dan sabun. Lapisi permukaan wastafel dengan handuk kertas (tissue toilet) yang sebelumnya direndam dalam cuka putih selama 20 menit. Rendam spons dengan air sabun, angkat handuk dan bersihkan menggunakan spons.

5. Membersihkan Talenan Kayu

Anda mungkin memperhatikan banyaknya kotoran pada talenan kayu. Untuk membersihkan, menurut ApartmentTherapy.com, Anda hanya perlu 2 sendok makan cuka putih, 1 cangkir air, ½ lemon, garam, minyak zaitun dan handuk. Lap talenan dengan campuran cuka dan air. Potong lemon menjadi dua dan celupkan ke dalam garam laut sehingga teksturnya menjadi seperti scrub. Gosokan ke talenan, bilas dengan air. Terakhir, celupkan handuk ke minyak zaitun dan usap talenan dengan handuk.

(Dalyanta/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini