Sukses


5 Apartemen yang Bikin Anda Jadi Juragan Kos

Berikut lima apartemen dengan prospek menarik untuk disewakan kembali.

Liputan6.com, Jakarta - Pembangunan apartemen mulai marak dalam beberapa tahun terakhir ini seiring kian berkurangnya lahan untuk hunian di lokasi-lokasi yang strategis, seperti di pusat kota dan pusat kegiatan masyarakat.

Apartemen-apartemen pun kini menjadi objek investasi, banyak orang yang membelinya dengan visi bisnis untuk disewakan kembali.Target pasar untuk penyewaan apartemen biasanya pekerja di sekitar area apartemen atau pun mahasiswa. Di sejumlah wilayah, apartemen bahkan mulai bersaing harga dengan kos maupun kontrakan.

Sementara itu, pasaran rental yield untuk apartemen di Jakarta dan sekitarnya saat ini berkisar antara 6 persen-10 persen per tahun. Rental yield adalah pemasukan per tahun yang didapat berbanding dengan harga apartemen.

Berikut ini sejumlah apartemen dengan prospek yang menarik untuk disewakan kembali, seperti dikutip dari laman www.rumah.com, Senin (2/11/2015):

1. Paddington Heights

Paddington Heights adalah apartemen terbaru yang dipasarkan di kawasan Alam Sutera, Serpong, Tangerang. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 960 juta untuk tipe studio. Jika mematok rental yield sekitar 6 persen per tahun, maka harga sewa terendah yang dipasang berada di kisaran Rp 4,8 juta per bulan.

2. T-Plaza Residences

T-Plaza Residences terletak di pusat kota Jakarta, tepatnya di jalan Penjernihan I, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Sebagai investasi, banyak sekali yang bisa disasar oleh pemilik apartemen yang berniat menyewakan unitnya.Apartemen ini ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 650 juta untuk tipe Studio/1 Bed Room, jika mematok rental yield 6-10 persen, maka rentang harga sewa untuk tipe studio/1 bed room berkisar antara Rp 3,5 juta-Rp 5,8 juta per bulan.

3. Green Pramuka City

Dengan harga mulai dari Rp 405 juta (KPA) untuk tipe studio, Green Pramuka City memiliki prospek investasi yang cukup menjanjikan. Terletak di daerah Pramuka, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Green Pramuka City hanay berjarak kurang dari 10 KM dari kawasan bisnis Sudirman-Thamrin maupun Kuningan.

Dengan harga Rp 405 juta, tipe studio ini bisa disewakan dengan harga mulai Rp 2 juta untuk mencapai batas rental yield terbawah yakni 6 persen.

4. Ayodhya Residence

Ayodhya Residence terletak di jalan Moh.Thamrin, Tangerang. Dipasarkan dengan harga mulai Rp 365 juta untuk tipe Bedroom, Ayodhya Residence menjadi alternatif bagi mahasiswa Bina Nusantara dan pekerja di kawasan bisnis di Alam Sutera, yang jaraknya hanya sekitar 5 KM, dan dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 20 menit dengan mobil.

Dengan harga mulai Rp 365 juta, pemilik apartemen bisa memasang harga kurang dari Rp 2 juta untuk memenuhi batas bawah rental yield 6-10 persen per tahun.Sebagai perbandinga, harga apartemen lain tipe studio di sekitarnya berkisar Rp 400 juta-Rp 500 juta, dengan harga sewa di kisaran Rp 2,5 juta ke atas.

5. Dave Apartment

Dave Apartment terletak di Depok, tepatnya di sebelah kampus Universitas Indonesia. Letak apartemen ini hanya berjarak 350 meter dari gerbang Universitas Indonesia di Kukusan, Depok. Dengan begitu, para mahasiswa yang menjadi target pasar apartemen ini cukup berjalan kaki untuk menuju kampus.

Dijual dengan harga di kisaran Rp335 Juta untuk tipe Studio, hunian ini bisa disewakan kembali pada kisaran Rp1,7 Juta hingga Rp2,8 Juta. Anda bisa saja menyewakan di atas itu karena tipe Studio apartemen ini memiliki lantai Mezzanine, sehingga bisa menampung dua kamar tidur. Dengan begitu, satu unit bisa disewa oleh dua mahasiswa dengan membagi dua biaya sewa untuk meringankan biaya penyewa. (Anto E/Ahm/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini