Sukses


Bank BTN Luncurkan KPR dengan Bunga Tetap 7,5%

BTN meluncurkan produk KPR dengan bunga tetap untuk menyiasati berkurangnya permintaan rumah.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Tabungan Negara Tbk (Bank TBN) meluncurkan produk kredit pemilikan rumah (KPR) dengan bunga tetap. Langkah ini dilakukan untuk menyiasati berkurangnya permintaan rumah di saat pelemahan ekonomi dalam kurun waktu setahun terakhir.

"Kami baru saja meluncurkan produk KPR dengan bunga tetap 7,5 persen untuk dua tahun pertama," ujar Mansur Nasution, Direktur Kredit Bank BTN dalam acara Focus Group Discussion (FGD) bertajuk "Antisipasi Dampak Pelemahan Ekonomi Nasional Terhadap Program Pembangunan Sejuta Rumah", seperti dikutip dari laman www.rumah.com, Jumat (9/10/2015).

Ia mengatakan, produk ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin memiliki rumah di saat perekonomian cukup sulit seperti sekarang.

Kendati demikian, ia menuturkan, produk semacam ini juga memiliki risiko tinggi, sebab di saat masa promosi habis, di dua tahun pertama-suku bunga KPR yang ditetapkan akan mengikuti suku bunga pasar (floating).

"Para konsumen biasanya kaget saat angsurannya melonjak dua kali lipat di tahun ketiga," kata dia.

Pertumbuhan Double Digit

Di sisi lain, Mansur menuturkan, bank BTN tidak banyak terpengaruh oleh dampak pelemahan ekonomi dan perumahan.

"Pengaruh pelemahan ekonomi tak signifikan buat kami, sebab Bank BTN 90 persen membiayai rumah pertama dengan harga di bawah Rp 500 juta yang memang diperlukan oleh masyarakat. Sementara kita lihat pasar rumah dengan harga di atas Rp 500 juta dan di atas Rp 1 miliar. Pertumbuhannya justru minus," kata Mansur.

Core business inilah yang menurut Mansur membuat bank BTN berbeda dengan bank-bank lain."Pertumbuhan Bank BTN tahun ini mencapai 18 persen, sementara bank lain pertumbuhannya hanya single digit," kata Mansur. (Ahm/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini