Sukses


Ini 3 Kota Terbaik di RI untuk Investasi Apartemen

Ada beberapa kota di Indonesia yang cocok sebagai tempat investasi apartemen.

Liputan6.com, Jakarta - Apartemen kini bukan lagi menjadi hunian atau tempat tinggal, melainkan juga sebagai instrumen investasi. Ada beberapa kota di Indonesia yang cocok sebagai tempat investasi apartemen.

Pasar properti global, Lamudi merilis lokasi populer di Indonesia untuk apartemen. Saat ini, disebutkan Lamudi, Jakarta telah menjadi kota incaran untuk berinvestasi di sektor properti, sekelas apartemen. Namun bagi investor pemula, ada kota besar lain, seperti Surabaya dan Bandung yang sangat potensial sebagai lokasi investasi dengan prospek menjanjikan.

"Bagi para investor real-estate pemula, apartemen yang baik dapat menjadi bentuk investasi yang efektif. Anda tidak hanya akan mendapat keuntungan dari pertumbuhan modal, tetapi juga akan memiliki pendapatan bulanan pasif jika Anda memutuskan untuk menyewakan properti itu,” ujar Pendiri dan Managing Director Lamudi Indonesia, Steven Ghoos dalam keterangan resminya, ditulis Jumat (25/9/2015).

Para pemburu apartemen telah mengincar kota Surabaya. Kota dengan potensi investasi properti tertinggi kedua di Indonesia. Menurut laporan terbaru dari Colliers yang dikutip Lamudi, pada Juni 2015, Surabaya mencatat pasokan kumulatif untuk apartemen disewakan. Angka ini 30,8 persen lebih tinggi jika dibandingkan dengan periode sama tahun lalu.

Data terbaru dari Lamudi Indonesia mengungkapkkan, lokasi yang paling populer untuk investasi adalah area Kertajaya, Citraland dan Darmo Permai. Rata-rata harga jual apartemen di Surabaya adalah Rp 14,2 juta per meter persegi. Harga itu telah naik sekitar 3 persen dari kuartal IV 2014. Sementara biaya sewa apartemen tersebut rata-rata lebih dari Rp 1 juta per meter persegi.

Meski Bandung tidak sepopuler Surabaya untuk lokasi investasi [apartemen\(2258507 ""), namun harga rata-rata beli maupun sewa apartemen di Kota Kembang ini merupakan tertinggi ketiga.

Harga beli rata-rata yang ditawarkan Rp 16 juta per meter persegi dan harga sewa rata-rata Rp 1,3 juta setiap meter persegi. Daerah yang paling sering dicari, antara lain Dago, Ciumbuleuit serta Buah Batu. Daerah ini termasuk dalam tujuan wisata tersohor di Kota Bandung, di mana permintaan atas hunian sementara atau sewaan cukup tinggi. (Fik/Zul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.