Sukses


Begini Cara Agar Rumah Bebas Tikus dan Kecoa

Salah satu cara agar rumah bebas hama dengan disiplin membersihkan rumah secara teratur.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah hama seperti kecoa, semut, dan tikus yang sering dijumpai di rumah dapat menganggu kenyamanan tinggal di rumah. Tak hanya itu, hama rumah ini juga dapat membawa penyakit karena dikhawatirkan membawa kuman-kuman.

Ternyata kehadiran hama-hama di rumah ini juga bisa disebabkan karena ulah kita yang mungkin kurang menjaga kebersihan. Trainer Tukangbersih.com, Habib menuturkan kecoa dan semut datang apa bila ada yang memancing seperti sampah, makanan manis,dan tumpahan yang ada di lantai. Sedangkan kalau nyamuk paling banyak ditemukan di tempat tidur.

"Nyamuk itu suka tempat gelap. Gantung baju kotor hingga akhirnya mereka bersarang," kata Habib, dalam wawancara dengan www.rumah.com, yang ditulis Senin (27/7/2015).

Tak hanya itu, cara menyimpan perabot tidak tepat juga dapat mengundang hama. Habib mencontohkan, bila ada sedikit ruang antara lemari dan tembok maka juga dapat mengundang kecoa. Karena itu, lemari sebaiknya dipepetkan dengan tembok. Selain itu, simpan peralatan makan di tempat tertutup seperti kitchen kabinet agar tidak menjadi sarang kecoa dan semut.

Karena itu salah satu cara agar rumah bebas hama dengan membersihkan rumah secara teratur.  Habib pun mengingatkan agar selalu membuang sampah, dan tidak meninggalkan makanan hingga busuk. Tidak menumpahkan makanan dan minuman ke lantai. Lalu bersihkan remah-remah. "Selain itu draisena ada v-trap sehingga ada halangan, dan menghalangi bau untuk naik," kata Habib.

Ia menambahkan, bila tidak ingin menggunakan bahan kimia untuk membersihkan rumah maka sebaiknya memiliki kebiasaan membersihkan rumah secara teratur. "Selalu bersihkan rumah secara teratur, tidak tinggalkan sisa makanan di lantai. Pasang V-Trap," kata Habib.

Lalu aktivitas apa saja yang perlu dilakukan untuk menjaga kebersihan rumah bila tak sempat setiap hari? Berikut tipsnya:

1. Minimal buang sampah secara teratur.
2. Jangan tinggalkan peralatan makanan kotor di meja makan dan tempat pencucian
3. Menyimpan pakaian kotor di suatu tempat. Jangan sampai pakaian kotor digantung. Hal itu dapat mengundang nyamuk bersarang di gantungan pakaian kotor itu.

Ingin tahu tips lebih lengkap agar rumah bebas hama? Yuk simak video berikut:  (Ahm/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.